Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Lembaga Baru Bebani Anggaran

Kamis, 12 Januari 2012 – 11:50 WIB
Lembaga Baru Bebani Anggaran - JPNN.COM
JAKARTA--Deputi bidang Monev dan Pengembangan Sistem Informasi LKPP Bima Haria Wibisana menyoroti kecenderungan terjadinya pembengkakan lembaga-lembaga, serta adanya pemekaran daerah. Pasalnya, kedua hal tersebut menjadi salah satu indikator membengkaknya keuangan negara, sehingga mempengaruhi pengembanan infrastruktur di daerah-daerah.

"Keuangan negara kita jadi berat karena harus mendukung dana untuk lembaga-lembaga dan daerah otonom baru. Ini sangat tidak efisien karena Indonesia masih dalam tahap berkembang," kata Bima di Jakarta, Kamis (12/1).

Kandidat kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) ini menambahkan, kelembagaan pemerintah di Indonesia memiliki model serupa, meskipun masing-masing instansi punya peran berbeda satu sama lain. Contoh di institusi kesehatan, di mana direktur sebuah rumah sakit tak bisa mengintervensi dokter ahli.

"Karena itu pemerintah harus memiliki keberanian mempengaruhi DPR agar dalam membuat undang-undang tidak selalu mengamatkan pembentukan lembaga baru," cetusnya.

loading...