Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Lepas Operasi Pasar di Surakarta, Mentan Singgung Pentingnya KUR

Kamis, 13 Februari 2020 – 20:20 WIB
Lepas Operasi Pasar di Surakarta, Mentan Singgung Pentingnya KUR - JPNN.COM
Mentan Syahrul Yasin Limpo bersama Wakil Wali Kota Surakarta Achmad Purnomo. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, SURAKARTA - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo, ditemani Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian Sarwo Edhy, melepas operasi pasar bawang putih dan cabe di Pasar Gedhe Solo, Kamis (13/2) pagi. Dalam kesempatan itu, Mentan mengingatkan pentingnya Kredit Usaha Rakyat atau KUR.

"Tugas pemerintah menjamin masyarakat makmur. Itulah alasan operasi pasar kita lakukan, dan itu gunanya kementerian. Hal ini juga sesuai instruksi Presiden. Kita siap membantu. Untuk membantu pertanian, silahkan manfaatkan KUR," papar Mentan.

Menurutnya, KUR akan sangat membantu petani untuk meningkatkan produktivitas dengan sangat efisien. Dan hal ini bisa membantu mengendalikan harga. Karena ketersediaan komoditi jadi aman. "Bawang dan cabe adalah komodoti pertanian biasa naik turun. Yang tidak biasa jika naik atau turunnya berlebihan. Untuk itu ada dua dirjen yang saya utus untuk menjaga masalah ini," tuturnya. Salah satu Dirjen yang dimaksud adalah Dirjen PSP.

Dalam operasi pasar ini, Menteri Syahrul Yasin Limpo melepas 10 mobil berisi bawang putih, cabe rawit merah, dan cabe merah untuk didistribusikan ke 5 pasar. Bawang putih dijual dengan harga Rp 30.000/kg, cabe merah Rp 30.000/kg, dan cabe rawit merah Rp 35.000/kg.

Wakil Wali Kota Surakarta Achmad Purnomo menjelaskan, untuk komoditi bawang putih dan cabe, masyarakat Solo raya adalah konsumen. Ditambahkan, awalnya harga masih sangat stabil di Solo. Stok pun masih aman. "Namun kenaikan ini adalah dampak hoax wabah virus corona, akibatnya impor terhambat. Dan beredar hoax jika stok bawang sudah menipis," paparnya.

Achmad Purnomo menjelaskan, untuk cabe merah dan cabe merah keriting, Pemkot Surakarta sudah pelajari dari tingkat petani, pedagang sub dan distributor. "Kami cek stabil. Kemudian kami cari tahu bagaimna alur dari pengepul ke distributor, ini kuncinya. Kami usul, mungkin tidak ada Dolog kecil untuk tiga bahan pokok bawang dan cabe. Karena jika ada Dolog, mungkin kedepan harga tidak naik signifikan seperti sekarang," ujarnya.

Sementara Dirjen PSP Kementerian Pertanian Sarwo Edhy menambahkan, harga bisa ditekan jika stok memadai. Untuk itu, petani harus bisa meningkatkan produktivitas dan lebih mandiri lagi. "Petani harus bisa meningkatkan produksi dan mandiri. Bagaimana caranya? Manfaatkan KUR melalui bank-bank pemerintah, ada BNI, BRI, dan Mandiri. Caranya tidak susah, justru petani bisa mendapatkan banyak keuntungan," katanya.

Dengan menggunakan KUR, petani bisa memiliki alat pertanian sendiri. Mereka juga bisa memanfaatkan teknologi pertanian.(ikl/jpnn)

Mentan Syahrul Yasin Limpo mengingatkan penting KUR saat melepas operasi pasar murah di Surakarta.

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close