Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Lestari Moerdijat: Bersatu Itu Penting untuk Hadapi Pandemi Covid-19

Kamis, 09 September 2021 – 12:30 WIB
Lestari Moerdijat: Bersatu Itu Penting untuk Hadapi Pandemi Covid-19 - JPNN.COM
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat. Foto: dok humas MPR RI

jpnn.com, JAWA TENGAH - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengatakan konsensus kebangsaan yang terdiri dari Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika sepatutnya bisa memperkuat nilai bangsa di tengah pandemi Covid-19.

"Karena dengan bersatu kita bisa menghadapi tantangan (pandemi) ini," kata Lestari Moerdijat yang hadir secara virtual dalam Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Purwokerto, Jawa Tengah, Rabu (8/9).

Rerie, sapaan Lestari Moerdijat, mengatakan masyarakat melihat pandemi Covid-19 sebagai sebuah ancaman.

"Tidak hanya berdampak pada masalah kesehatan saja, tapi juga memiliki efek pada ancaman stabilitas masyarakat," ujar Rerie.

Rerie memberi contoh dampak Covid-19 di Jawa Tengah. Pengangguran terbuka pada Februari 2021 tercatat naik 5,59%, atau 1,12 juta dibandingkan pada sebelum pandemi Februari 2020.

Sebanyak 11.438 pekerja di-PHK di Jateng. Selain itu, 5.400 anak di Jawa Tengah kehilangan orangtua karena Covid-19.

Rerie menambahkan sebuah survei (Word Cloud Analysis) menunjukkan bahwa gotong royong merupakan nilai dasar ideologi kebangsaan yang saat ini diperlukan dalam rangka mempererat tali kebangsaan dengan memperkuat persatuan bangsa.

"Semangat solidaritas dan kolaborasi antar daerah lebih diutamakan daripada kompetisi dalam upaya menghentikan rantai penyebaran wabah," imbuh dia.

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat menyebut konsesus kebangsaan yang terdiri dari Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika sepatutnya bisa memperkuat untuk menghadapi tantang pandemi Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close