Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Lestari Moerdijat Dorong Adanya Sertifikasi dan Kompetensi SDM, Ternyata Ini Tujuannya

Jumat, 22 September 2023 – 21:48 WIB
Lestari Moerdijat Dorong Adanya Sertifikasi dan Kompetensi SDM, Ternyata Ini Tujuannya - JPNN.COM
Wakil Ketua MPR, Lestari Moerdijat. Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengatakan sertifikasi kompetensi sumber daya manusia (SDM) pariwisata dan ekonomi kreatif harus mampu meningkatkan kemampuan teknis para pelaku wisata dan ditempatkan dalam konteks melestarikan budaya.

Hal itu dilakukan sebagai bagian dari upaya memajukan pariwisata nasional.

"Selain mendorong peningkatan kemampuan teknis, sertifikasi kompetensi SDM pariwisata dan ekonomi kreatif juga harus mengedepankan aspek pelestarian budaya dan kearifan lokal," kata Lestari Moerdijat saat memberi sambutan dan membuka secara daring Sosialisasi Sertifikasi Kompetensi bagi SDM Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Jepara, Jawa Tengah, Jumat (22/9).

Hadir pada acara tersebut, Hartaya Plt.Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jepara, Herbin Saragi Analis Kebijakan Madya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, dan para pelaku pariwisata di Kabupaten, Jepara.

Menurut Lestari, SDM pariwisata harus mampu menjadi komunikator yang menyampaikan berbagai informasi terkait kekhasan budaya dan lingkungannya agar bisa menjadi bagian daya tarik daerah itu bagi para wisatawan.

Apalagi, tambah dia, Jepara memiliki ragam budaya dan kekayaan intelektual seperti tenun torso, seni ukir, gerabah, logam, kuliner, serta hasil bumi seperti kopi.

"Sehingga dalam upaya pengembangan ragam kearifan lokal tersebut, inovasi dan promosi hasil karya kreatif yang berkelanjutan sangat dibutuhkan," tutur Rerie, sapaan akrab Lestari.

Dalam potensi kreatif seni ukir misalnya, jelas Rerie yang juga anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah itu, sertifikasi merujuk pada kompetensi di bidang pengembangan seni ukir dan aspek teknis ukiran hingga motif dengan muara promosi budaya daerah sebagai salah satu keunggulan wisata budaya.

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengatakan sertifikasi kompetensi SDM pariwisata harus mampu meningkatkan kemampuan teknis para pelaku.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close