Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Lestari Moerdijat Dorong Peningkatan Peran Puskesmas untuk Pengendalian Covid-19

Senin, 13 September 2021 – 22:33 WIB
Lestari Moerdijat Dorong Peningkatan Peran Puskesmas untuk Pengendalian Covid-19 - JPNN.COM
Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Peningkatan peran fasilitas kesehatan tingkat pertama seperti klinik kesehatan dan Puskesmas harus segera diwujudkan untuk mempersiapkan masyarakat menjalani keseharian pascapandemi Covid-19.

"Ketika faktor pengendalian harus dikedepankan dalam menjalani kehidupan pascapandemi, saya kira peran para petugas kesehatan di fasilitas kesehatan yang dekat dengan masyarakat seperti Puskesmas dan klinik-klinik kesehatan sangat penting," kata Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Senin (13/9).

Berdasarkan catatan Satgas COVID-19 di rentang Agustus hingga Mei 2021, positivity rate harian terendah dilaporkan di Maret, April, hingga Mei berturut-turut dengan angka 7,7 persen, 8,9 persen, hingga 8,5 persen.

Peningkatan tajam positivity rate terjadi pada Juli 2021 hingga melampaui 40 persen.

Namun, sejak itu positivity rate nasional menunjukkan tren menurun, hingga pada Minggu (12/9) tercatat 3,05 persen di bawah angka ideal dari WHO yaitu 5 persen.

Menurut Lestari, ketika indikator penyebaran Covid-19 memperlihatkan kecenderungan terus membaik, upaya pencegahan penularan pun harus ditingkatkan untuk menjaga konsistensi penurunan jumlah kasus positif Covid-19.

Untuk mewujudkan hal itu, jelas Rerie, sapaan akrab Lestari, dibutuhkan tenaga-tenaga kesehatan yang berpengalaman dan memiliki kemampuan yang memadai untuk mengedukasi masyarakat agar peduli terhadap upaya-upaya pencegahan untuk memutus rantai penularan virus Corona.

Dia menyampaikan, langkah tersebut dapat direalisasikan lewat peningkatan peran Puskesmas dan sejumlah fasilitas kesehatan tingkat pertama yang dekat dengan masyarakat, agar upaya edukasi dan pencegahan penularan virus Corona dapat dilakukan secara meluas.

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat menyampaikan upaya strategis harus dipersiapkan menjaga konsistensi penurunan jumlah kasus positif Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close