Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Lestari Moerdijat Dorong Peningkatan Tata Kelola Koperasi di Indonesia

Jumat, 09 Februari 2024 – 19:38 WIB
Lestari Moerdijat Dorong Peningkatan Tata Kelola Koperasi di Indonesia - JPNN.COM
Wakil Ketua MPR, Lestari Moerdijat. Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat mendorong peningkatkan tata kelola koperasi di Indonesia demi keadilan dan kemakmuran yang merata.

"Upaya perbaikan tata kelola koperasi di Indonesia bangkitkan potensi ekonomi masyarakat yang diharapkan mampu mendorong gerak perekonomian nasional," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Jumat (9/2).

Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) akan bangun kelembagaan dan ekosistem koperasi melalui perbaikan tata kelola yang mengadopsi Pedoman Umum Governansi Koperasi Indonesia (PUG-KOPIN).

Salah satu tujuannya agar koperasi mampu mengembangkan model bisnis yang lebih kompetitif dan menjadi pilihan rasional masyarakat ketika mau berwirausaha.

Catatan Badan Pusat Statistik (BPS) mengungkapkan jumlah koperasi aktif di Indonesia sebanyak 130.354 unit dengan volume usaha sebesar Rp197,88 triliun pada 2022.

Menurut Lestari, aktivitas ratusan ribu koperasi di Indonesia memiliki potensi yang besar sebagai sentra-sentra pertumbuhan ekonomi masyarakat di tanah air.

"Upaya memperbaiki tata kelola koperasi menjadi lebih baik dan kompetitif. Ini merupakan langkah strategis yang diharapkan mampu menggerakkan perekonomian masyarakat," tutur Rerie, sapaan akrab Lestari.

Menurut dia, koperasi sebagai sebagai soko guru perekonomian nasional harus menjadi perhatian para pemangku kepentingan sebagai bagian dari upaya menjalankan amanah konstitusi.

Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat mendorong peningkatkan tata kelola koperasi di Indonesia demi keadilan dan kemakmuran yang merata.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close