Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Lestari Moerdijat Minta Dampak El Nino Terhadap Kesehatan Masyarakat Harus Diantisipasi

Senin, 07 Agustus 2023 – 23:54 WIB
Lestari Moerdijat Minta Dampak El Nino Terhadap Kesehatan Masyarakat Harus Diantisipasi - JPNN.COM
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mengingatkan perubahan cuaca yang ekstrem akibat El Nino berpotensi memicu berkembangnya sejumlah penyakit.. Foto: dok MPR RI

jpnn.com, JAKARTA -  Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mengingatkan agar kewaspadaan terhadap potensi munculnya penyakit yang dipicu dampak El Nino harus diantisipasi dengan baik.

Sebab, perubahan cuaca yang ekstrem akibat El Nino berpotensi memicu berkembangnya sejumlah penyakit.

"Karena itu, sejumlah pihak terkait dan masyarakat harus mewaspadai kondisi tersebut dengan persiapan yang memadai," kata Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Senin (7/8)

Dia menyampaikan Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Tjandra Yoga Aditama mengingatkan masyarakat dan pemerintah untuk fokus dalam menghadapi El Nino yang kemungkinan akan terus berlanjut hingga akhir tahun.

Badan Pangan Dunia (FAO) juga telah mengeluarkan pernyataan yang mengharapkan negara-negara untuk melakukan risiko mitigasi dan intervensi segera dalam menghadapi kemungkinan kurangnya pasokan makanan dengan menyiapkan cadangan makanan strategis.

Selain itu, akan ada sejumlah masalah kesehatan yang mungkin terjadi sebagai dampak dari El Nino.

Masalah tersebut, antara lain peningkatan penyakit menular, peningkatan water borne disease, yakni penyakit yang terjadi karena bakteri yang terbawa oleh air, dan penurunan akses ke fasilitas pelayanan kesehatan.

Menurut Lestari, para pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah harus mewaspadai peringatan dari badan dunia itu dengan sejumlah persiapan langkah antisipasi.

Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mengingatkan perubahan cuaca yang ekstrem akibat El Nino berpotensi memicu berkembangnya sejumlah penyakit

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close