Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Lestari Moerdijat: Pancasila Harus Diimplementasikan dalam Kehidupan Bernegara

Senin, 24 Juni 2024 – 21:00 WIB
Lestari Moerdijat: Pancasila Harus Diimplementasikan dalam Kehidupan Bernegara - JPNN.COM
Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat mengatakan Pancasila sebagai panduan hidup harus membutuhkan implementasi nilai-nilainya dari setiap anak bangsa. Foto: MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat mengatakan Pancasila sebagai panduan hidup harus membutuhkan implementasi nilai-nilainya dari setiap anak bangsa dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara. 

"Dalam keseharian kami dalam bernegara seringkali muncul pertanyaan apakah yang kami lakukan saat ini sudah sesuai dengan nilai-nilai Pancasila yang kita pahami?" kata Lestari Moerdijat pada Sosialisasi Empat Pilar MPR RI yang dikemas dalam bentuk peluncuran buku berjudul "Pancasila di Rumahku", karya anggota MPR/DPR RI, Willy Aditya, di Gedung Nusantara V, Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Senin (24/6). 

Hadir pada acara tersebut Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh menyampaikan orasi kebangsaan, Airlangga Pribadi Kusman, S.IP., M.Si., Ph.D (Pengamat Politik), Dr. Sukidi Mulyadi (Cendikiawan lulusan Harvard University), dan generasi muda dari berbagai kampus. 

Menurut Lestari, di era globalisasi dan kosmopolitanisme upaya untuk membangun bangsa tidak cukup didasari dengan memahami nilai-nilai Pancasila semata, tanpa implementasi pada keseharian. 

"Jangan sampai, kita terjebak dengan kembali ke masa lalu dengan menempatkan Pancasila hanya sebagai sebuah hafalan," tutur Rerie, sapaan akrab Lestari.

Kondisi itu pula, jelas Rerie, yang mendorong sosialisasi empat pilar kebangsaan terus dilakukan oleh MPR RI. 

Rerie mengakui perjalanan seseorang dalam berbangsa dan bernegara masih sangat panjang.

Sehingga penting bagi bangsa untuk secara konsisten menyosialisasikan ke generasi penerus nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat mengatakan Pancasila sebagai panduan hidup harus membutuhkan implementasi nilai-nilainya dari setiap anak bangsa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA