Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Lestari Moerdijat Sebut Pencegahan Diabetes Pada Anak Harus Dilakukan Sejak Dini

Senin, 13 November 2023 – 19:07 WIB
Lestari Moerdijat Sebut Pencegahan Diabetes Pada Anak Harus Dilakukan Sejak Dini - JPNN.COM
Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat mengingatkan pencegahan diabetes pada anak harus dilakukan secara konsisten untuk melindungi generasi penerus bangsa. Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat mengingatkan pencegahan diabetes pada anak harus dilakukan secara konsisten untuk melindungi generasi penerus bangsa dari ancaman penyakit. 

Hal itu diungkapkan langsung oleh Lestari Moerdijat dalam rangka menyambut Hari Diabetes Dunia yang diperingati setiap 14 November.

"Diabetes salah satu penyakit yang harus diwaspadai sejak dini, agar upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) nasional dari sisi kesehatan dapat berjalan dengan baik dan sesuai yang direncanakan," kata dia dalam keterangan tertulisnya, Senin (13/11).

Changing Diabetes in Children (CDiC) mencatat angka prevalensi diabetes tipe 1 pada anak dan remaja di Indonesia terus meningkat.

Pada tahun 2000, prevalensi diabetes tipe 1 pada anak dan remaja berusia di bawah 18 tahun adalah 0,004/100.000.

Angka tersebut naik menjadi 0,028/100.000 pada 2010 dan mencapai 2/100.000 di tahun 2023.

Menurut Lestari peningkatan drastis jumlah kasus diabetes pada anak tersebut harus menjadi perhatian bersama para pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah. 

"Sejumlah langkah dan program yang terukur, harus segera dilakukan untuk menekan laju peningkatan angka prevalensi diabetes terhadap anak dan remaja," tutur Rerie, sapaan akrab Lestari.

Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat mengingatkan pencegahan diabetes pada anak harus dilakukan secara konsisten untuk melindungi generasi penerus bangsa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close