Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Lestari: Perlu Sistem Andal untuk Kendalikan Covid-19 di Area Publik

Selasa, 24 Agustus 2021 – 18:06 WIB
Lestari: Perlu Sistem Andal untuk Kendalikan Covid-19 di Area Publik - JPNN.COM
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat atau Mbak Rerie mengingatkan masyarakat tetap disiplin prokes meski kasus Covid-19 mulai menurun. Foto: Humas MPR RI.

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengingatkan peningkatan mobilitas warga seiring dengan pelonggaran PPKM di sejumlah daerah harus diantisipasi dengan keandalan perangkat dan sistem pengendalian Covid-19 di area publik.

"Jangan sampai terjadi kegagapan dalam penanganannya, yang berisiko pada peningkatan kembali penyebaran virus Corona," kata Lestari Moerdijat di Jakarta, Selasa (24/8).

Adanya peningkatan mobilitas masyarakat saat pelonggaran PPKM Level 4, sebelumnya disampaikan Menko Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Panjaitan, Senin (23/8).

Peningkatan mobilitas yang cukup signifikan itu terdeteksi dari indeks komposit dan pantauan mobilitas Google.

Peningkatan mobilitas masyarakat diakui Lestari memiliki dua implikasi yang bertolak belakang. Di satu sisi peluang pertumbuhan ekonomi masyarakat semakin terbuka. Tetapi, di sisi lain potensi peningkatan kembali penyebaran virus Corona makin besar.

Melihat kondisi itu, Rerie -sapaan Lestari- menilai dampak peningkatan mobilitas masyarakat terhadap potensi peningkatan penyebaran Covid-19 harus bisa ditekan atau dikendalikan dengan sistem dan strategi yang benar-benar tepat.

Dia menyebut pemanfaatan aplikasi Peduli Lindungi untuk memantau pergerakan masyarakat di ruang publik, misalnya harus bisa dimaksimalkan melalui kepastian keandalan dari aplikasi tersebut.

Demikian juga dengan sejumlah persyaratan, seperti wajib sudah divaksin dan penggunaan masker, serta menjaga jarak di ruang publik, untuk mencegah penularan virus korona.

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengingatkan perlunya sistem pengendalian Covid-19 di ruang publik pasca pelonggaran PPKM.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close