Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Letusan Rinjani Tunda Lomba Pendakian

Minggu, 30 Mei 2010 – 17:05 WIB
Letusan Rinjani Tunda Lomba Pendakian - JPNN.COM
JAKARTA — Rencana perhelatan lomba pendakian internasional di Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) Juli mendatang terancam batal. Pasalnya, gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia itu kembali memuntahkan abu vulkanik ke udara sejak beberapa minggu terakhir.

Hal ini membuat Direktorat Jenderal Pelestarian dan Konservasi Alam (PHKA) Kementerian Kehutanan selaku penyelenggara Rinjani International Tracking khawatir dan berencana menunda perhelatan itu. "Kalau kondisi seperti itu, ya kita tunda," ujar Sekretais Dirtjen PHKA, Haryadi Himawan  kepada JPNN, Minggu (30/5) sore.

Menurut Haryadi,  pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Balai Vulkanologi untuk mengetahui seberapa aktif dan sampai kapan letusan di kawah purba Rinjani itu berlangsung. Selain masalah letusan, saat ini ada persoalan dana yang dihadapi panitia dalam menyelenggarakan even internasional itu.

Panitia yang telah terbentuk di daerah, mengajukan anggaran sekitar Rp 200 juta ke panitia pusat. Padahal pada pertengahan tahun seperti ini, PHKA mengalami kesulitan pendanaan. "Tapi mungkin panitia daerah sudah dapat seponsor," tambahnya.

JAKARTA — Rencana perhelatan lomba pendakian internasional di Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) Juli mendatang terancam batal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close