Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Lewat Cara ini Kementerian PUPR Terus Tingkatkan Kualitas Permukiman dan Perumahan

Rabu, 30 September 2020 – 09:27 WIB
Lewat Cara ini Kementerian PUPR Terus Tingkatkan Kualitas Permukiman dan Perumahan - JPNN.COM
Kementerian PUPR melanjutkan Program Padat Karya Tunai bidang permukiman dan perumahan. Foto dok Kementerian PUPR

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian PUPR terus memfasilitasi penyebarluasan pengetahuan bidang permukiman dan perumahan dengan memberikan dukungan kepada pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dan aktor pembangunan lainnya.

Selain itu, Kementerian PUPR juga berperan menghimpun informasi, mengkoordinasikan proses transfer pengetahuan terkait agenda habitat, serta implementasi New Urban Agenda (NUA)/Agenda Baru Perkotaan, serta pembangunan berkelanjutan/Sustainable Development Goals (SDGs) bidang permukiman dan perumahan di tingkat nasional dan daerah.

"Luasnya lingkup kegiatan pembangunan permukiman dan perumahan memerlukan kesamaan persepsi dari para pemangku kepentingan terkait isu, tantangan, dan strategi pembangunan ke depan, serta pengelolaan terhadap data dan informasi maupun contoh praktik antarpelaku pembangunan," kata Plt Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Anita Firmanti saat membuka Webinar Series dalam Peringatan Hari Habitat Dunia (HHD) 2020, Senin (28/9).

Webinar Series dilaksanakan selama 3 hari mulai 28-30 September dengan menghadirkan narasumber yang memiki kompetensi di bidang masing-masing.

Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Danis Hidayat Sumadilaga menjelaskan pandemi COVID-19 yang berlangsung lebih dari satu semester di Indonesia ini memberi pembelajaran penting dalam pembangunan perkotaan ke depan.

Seperti perlunya memperhatikan memenuhi kebutuhan fasilitas medis sebagai standar layanan kesehatan kota dan perlunya pengendalian kepadatan penduduk di perkotaan.

"Ini telihat dari tingkat penyebaran Virus Corona cenderung tinggi di kota-kota dengan densitas penduduk yang tinggi," tutur Danis.

Selanjutnya juga perlu memperhatikan penyediaan transportasi publik yang baik dan mampu menjamin aspek keamanan, keselamatan, kenyamanan, dan kesehatan, ketersediaan ruang terbuka hijau dan pusat komunitas.

Kementerian PUPR juga melanjutkan Program Padat Karya Tunai bidang permukiman dan perumahan sebagai upaya untuk mempertahankan daya beli masyarakat di tengah kondisi ekonomi yang tertekan pandemi corona.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close