Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Lewat Debat Alot, Pemerintah Naikkan Extra Effort

Kamis, 22 April 2010 – 22:14 WIB
Lewat Debat Alot, Pemerintah Naikkan Extra Effort - JPNN.COM
JAKARTA -- Pembahasan penerimaan negara dari pajak atau  tax ratio antara komisi XI DPR RI dengan pemerintah, Kamis (22/4) malam, berhasil mendesak pemerintah untuk menaikkan ekstra effort atau optimalisasi penerimaan pajak. Dari semula yang hanya disanggupi pemerintah Rp 9 triliun, menjadi sekitar Rp 11,91 triliun. Hal ini diungkapkan oleh anggota komisi XI DPR RI dari Fraksi PAN, Laurens Bahang Dama.

‘’Memang berlangsung alot, ya biasalah. Karena ada yang masih bertahan pada ekstra effort Rp 15 triliun dari PDIP. Ada juga yang Rp 12 triliun, Rp 13 triliun. Setelah didesak, akhirnya pemerintah mau menaikkan dari Rp 9 triliun menjadi Rp 11,91 triliun,’’ kata Laurens.

Bila ekstra effoort disepakati untuk naik, namun tidak demikian halnya dengan tax ratio sendiri. Dikatakan Laurens, untuk kenaikan tax ratio melebihi 11,9 persen sangatlah sulit untuk disepakati. Karena dengan ekstra effort Rp 64 triliun saja, tax ratio masih sekitar 11,7 persen.

‘’Kalau tax ratio masih bertahan disekitaran 11,9 persen. Kalau diminta naik lagi sepertinya pemerintah tidak bisa menyanggupinya. Apalagi dengan banyaknya kasus-kasus yang membuat kepercayaan publik menurun. Ini menjadi dilema bagi Ditjen Pajak. Karena pada satu sisi tax ratio diminta naik, sedangkan disisi lain kecurigaan meningkat,’’ kata Laurens.

JAKARTA -- Pembahasan penerimaan negara dari pajak atau  tax ratio antara komisi XI DPR RI dengan pemerintah, Kamis (22/4) malam, berhasil mendesak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close