Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Lewat KUR, Petani Bisa Manfaatkan Teknologi Pertanian

Rabu, 12 Februari 2020 – 22:03 WIB
Lewat KUR, Petani Bisa Manfaatkan Teknologi Pertanian - JPNN.COM
Direktur Pembiayaan Pertanian Ditjen PSP Kementerian Pertanian Indah Megahwati dalam Gerakan Menyongsong Pertanian 4.0 di Jatiyoso, Karanganyar, Jawa Tengah, Rabu (12/2). Foto: Humas Kementan

jpnn.com, KARANGANYAR - Kementerian Pertanian (Kementan) kembali mengingatkan pentingnya Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada para petani. Kali ini, manfaat KUR disampaikan dalam Gerakan Menyongsong Pertanian 4.0 yang dilaksanakan bersama BNI di Jatiyoso, Karanganyar, Jawa Tengah, Rabu (12/2).

Menurut Direktur Pembiayaan Pertanian Ditjen PSP Kementerian Pertanian Indah Megahwati, selain sosialisasi KUR, kegiatan ini juga menyampaikan pentingnya peran teknologi menuju pertanian 4.0.

"Saya juga mengimbau kepada kepala-kepala dinas, penyuluh, kepala BPP, agar selalu mengikuti kegiatan-kegiatan yang dilakukan bank. Jadi ada informasi terbaru yang mereka dapat. Karena Pertanian kita itu sebenarnya sudah ada saling keterkaitan antara pembiayaan dengan teknologi," tutur Indah.

Ditegaskannya, Kementerian Pertanian selalu mendukung kegiatan yang menyongsong era pertanian 4.0. Karena, memiliki manfaat yang luar biasa untuk para petani. "Karena nanti kita bisa menyesuaikan dengan programnya Pak Menteri. Kemarin Pak Menteri juga sudah bertemu dengan Direktur Utama BNI. Kita juga nanti akan bekerjasama mengenai alat yang sekarang ada di Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian agar dimaksimalkan," tutur Indah.

Menurutnya, Kementan juga akan mengadakan kegiatan seperti ini lagi bersama BNI. "Kami akan adakan lagi kegiatan seperti ini. Agar alat-alat yang ada bisa berguna buat kelompok-kelompok tani kami. Mereka bisa membeli melalui KUR. Dan akan terhubung dengan kami," ujarnya.

Sedangkan UMKM dan Jaringan BNI Tambok P Setyawati mengatakan target penyaluran KUR BNI tahun 2020 secara nasional adalah Rp 22 triliun. "Sedangkan untuk area Yogyakarta dan sekitarnya Rp 1,5 triliun, dan area Semarang itu sekitar Rp 1,6 triliun. Sedangkan Jawa Tengah secara keseluruhan sekitar Rp 3,1 triliun," terangnya.

Dijelaskannya, secara nasional KUR diminta untuk diarahkan ke hal yang produktif. Salah satu fokus BNI yang produktif adalah pertanian. "Kami pakai pendampingan. Jadi ka, tidak hanya menyalurkan KUR, tetapi petaninya juga makin produktif, hasil lebih tinggi dan biaya lebih rendah. Sehingga lebih efisien," paparnya.

Menurutnya masyarakat petani sekitar Karanganyar fokus untuk menaikkan produktivitas dan kita dukung dengan menyiapkan kerjasama. "Dan petani sudah ada yang memanfaatkannya," terang Tambok.

Kementan mengingatkan pentingnya KUR kepada para petani untuk bisa memanfaatkan teknologi pertanian.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close