Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Lihat, KLHK Melepasliarkan Seekor Harimau Sumatera di Taman Nasional Kerinci Seblat

Rabu, 01 Juni 2022 – 22:09 WIB
Lihat, KLHK Melepasliarkan Seekor Harimau Sumatera di Taman Nasional Kerinci Seblat - JPNN.COM
KLHK melalui BKSDA Jambi melepasliarkan seekor harimau sumatera di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat yeng berada di Kabupaten Merangin, Selasa (31/5). Foto: Dokumentasi KLHK

jpnn.com, JAMBI - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jambi melepasliarkan seekor harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae) di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat yeng berada di Kabupaten Merangin.

Harimau sumatera yang dilepasliarkan pada Selasa (31/5) itu diketahui berjenis kelamin jantan dan telah berusia 9 tahun.

"Harimau yang dilepasliarkan ini merupakan hasil upaya penyelamatan dari konflik manusia dengan harimau sumatera yang dilakukan oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jambi di Desa Nalo Gedang, Kecamatan Nalo Tantan, Kabupaten Marangin," kata Kepala BKSDA Jambi Rahmad Saleh melalui keterangan yang diterima Rabu (1/6).

Proses pelepasliaran ini cukup menantang karena harimau sumatera akan dilepaskan di zona inti TNKS yang aksesibilitasnya sulit.

Untuk itu, tim gabungan pelepasliaran yang terdiri dari 3 orang dari Direktorat Konservasi Keanekaragaman Hayati dan Sumberdaya Genetik (KKHSG) KLHK, 3 orang dari Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat, dan 2 orang dari BKSDA Jambi menggunakan helikopter untuk mengangkut kandang harimau menuju zona inti TNKS.

Rahmad menjelaskan jika proses penerbangan dengan helikopter dibagi menjadi tiga, yaitu penerbangan pertama dropping personel sebanyak 10 orang.

Penerbangan berikutnya dropping harimau sumatera dilanjutkan dengan pelepasliaran sekitar pukul 13.00 – 13.20 WIB.

Penerbangan ketiga atau terakhir dilakukan untuk mengambil box transport harimau di lokasi pelepasliaran kembali ke bandara.

Seekor harimau sumatera dilepasliarkan di Taman Nasional Kerinci Seblat, Kabupaten Merangin, Jambi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close