Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Lindungi Freedom of Speech dari Para Perusak Demokrasi

Jumat, 06 Januari 2017 – 23:12 WIB
Lindungi Freedom of Speech dari Para Perusak Demokrasi - JPNN.COM
Diaz Hendropriyono bersama peserta "Youth’s Vital Role in Advancing Democracy in Modern Indonesia”. Foto: Ist

jpnn.com - JPNN.com - Pemuda berperan penting dalam keberlangsungan demokrasi Indonesia. Salah satunya yakni memanfaatkan kebebasan berbicara alias freedom of speech secara bertanggung jawab.

Begitu dikatakan Staf Khusus Presiden Diaz Hendropriyono dalam seminar berjudul "Youth’s Vital Role in Advancing Democracy in Modern Indonesia” yang diselenggarakan di Oakwood Conference Room di Kuningan, Jakarta, Jumat (6/1).

"Kebebasan berbicara dapat disalahgunakan untuk menyebarkan informasi bohong atau hoax untuk mencapai tujuan tertentu. Contohnya saat Pilpres 2014 dimana capres Joko Widodo mendapatkan serangan black campaign secara masif," kata dia

Seperti diketahui, hari-hari ini berita hoax dan fitnah-fitnah merajalela di dunia maya dan media sosial.

Diaz menjelaskan, pemuda selalu memiliki peran penting di dalam sejarah dunia. Maximilien Robespierre, salah satu tokoh revolusi Perancis, memimpin revolusi pada usia yang sangat muda.

Begitu juga dengan Thomas Jefferson yang menulis Declaration of Independence di usia 30an.

"Hal yang sama juga terjadi di Indonesia, ketika Jenderal Soedirman dipilih menjadi Panglima tentara Republik Indonesia saat masih berusia 29 tahun,” tambahnya.

Diaz mengingatkan, ada ekses-ekses dari nilai yang dianut demokrasi yang harus diantisipasi. Seperti freedom of speech, yang pada akhirnya akan mencederai proses demokrasi itu sendiri.

JPNN.com - Pemuda berperan penting dalam keberlangsungan demokrasi Indonesia. Salah satunya yakni memanfaatkan kebebasan berbicara alias freedom

Sumber RMOL.co

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close