Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Livni Ikuti Jejak Golda Meir

jadi PM Israel Gantikan Ehud Olmert

Jumat, 19 September 2008 – 12:15 WIB
Livni Ikuti Jejak Golda Meir - JPNN.COM
JERUSALEM – Menteri luar negeri Israel, Tzipi Livni, resmi memenangkan pemilihan untuk memimpin partai berkuasa Israel, Kadima, dan menggantikan PM Ehud Olmert.  Ketua negosiator perundingan dengan otoritas Palestina ini memenangkan 43,1 persen suara atau 431 suara, hanya terpaut tipis satu persen  dengan rival utamanya, menteri transportasi dan mantan panglima militer Shaul Mofaz yang meraup 42 persen suara.

Kemenangan ini akan melejitkan Livni untuk menjadi perdana menteri perempuan Israel pertama sejak 34 tahun lalu, setelah Golda Meir yang menjadi PM pada 1969-1974. ”Untuk kali kedua dalam sejarah, Israel mengalami kemajuan dalam hal kepemimpinan dengan memilih seorang perempuan sebagai pemimpin partai, mungkin juga sebagai perdana menteri,” tulis harian lokal Israel Hayom.   

Livni mengatakan dia akan lebih intens untuk menyatukan fraksi Kadima dan berjalan bersama dalam format baru. Perempuan 50 tahun ini mengatakan dia berharap dapat membantu mengembalikan kestabilitasan pemerintahan Israel. ”Kita harus menghadapi ancaman yang paling sulit. Kita juga harus menghadapi ancaman keamanan, kita harus bergerak maju, dan kestabilan ekonomi,” ujarnya.

Sebagai pemimpin baru partai, Livni akan menyusun pemerintah koalisi dan menjadi PM setelah PM Ehud Olmert lengser. Juru bicara Olmert, Mark Regev mengatakan pengunduran diri Olmert yang terkait berbagai kasus korupsi ini ini sudah dinformasikan kepada kabinet Minggu lalu. Menurut Regev, Olmert juga mengucapkan selamat atas terpilihnya Livni dan berharap akan membantu pemerintahan transisi. Untuk saat ini Olmert akan menjadi pejabat karteker hingga pemerintahan baru terbentuk.

JERUSALEM – Menteri luar negeri Israel, Tzipi Livni, resmi memenangkan pemilihan untuk memimpin partai berkuasa Israel, Kadima, dan menggantikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close