Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Lockdown Corona, Gubernur Sediakan Makanan Gratis untuk Lansia

Sabtu, 25 April 2020 – 22:13 WIB
Lockdown Corona, Gubernur Sediakan Makanan Gratis untuk Lansia - JPNN.COM
Warga California di seluruh wilayah, termasuk Hollywood, mulai hari ini dilarang meninggalkan rumah karena wabah virus corona. Foto: Reuters

jpnn.com, CALIFORNIA - Gubernur California Gavin Newsom pada Jumat (24/4) mengumumkan bahwa negara bagian tersebut meluncurkan sebuah program untuk menyediakan makanan gratis bagi warga lanjut usia (lansia) yang memenuhi syarat. Program ini bertujuan membantu warga yang kesulitan di tengah lockdown untuk mencegah penyebaran wabah virus corona.

Program bertajuk "Restaurants Deliver: Home Meals for Seniors" tersebut dikoordinasi oleh otoritas federal, negara bagian, daerah, dan kota. Jenis program itu disebut sebagai yang pertama di Amerika Serikat.

Menurut regulasi yang ada, para lansia yang memenuhi syarat untuk menerima pasokan makanan tiga kali sehari, tujuh hari seminggu itu harus berisiko tinggi terpapar COVID-19 atau memiliki sistem kekebalan tubuh yang buruk, serta mereka harus berada dalam keadaan finansial tertentu.

"Ini bukan hanya tentang makanan," kata Newsom dalam konferensi pers hariannya terkait COVID-19. "Ini tentang hubungan manusia, mengenai seseorang yang berkunjung saat mereka mengirimkan makanan tersebut dan memastikan warga dalam keadaan baik-baik saja."

Dia memperkirakan bahwa ada lebih dari 5,7 juta lansia di California dan 1,7 juta di antaranya hidup sebatang kara, serta mungkin tidak dapat memasak makanan untuk mereka sendiri.

Selain membantu para warga lansia tersebut, program ini juga dirancang untuk menciptakan lapangan pekerjaan, ungkap sang gubernur, seraya menambahkan bahwa program tersebut "akan memberikan stimulus ekonomi yang penting bagi perusahaan dan para pekerja setempat yang berjuang untuk tetap bertahan selama krisis COVID-19.

Badan Manajemen Darurat Federal (Federal Emergency Management Agency/FEMA) AS akan menanggung 75 persen dari biaya program tersebut, sementara California akan menanggung tiga perempat dari sisa jumlah biaya, tutur Newsom, seraya menambahkan bahwa pemerintah daerah akan bertanggung jawab atas sisanya. (xinhua/ant/dil/jpnn)

Gubernur mengumumkan sebuah program untuk menyediakan makanan gratis bagi warga lanjut usia selama berlakunya lockdown virus corona

Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Xinhua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close