Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Belgia Mulai Longgarkan Aturan Lockdown

Sabtu, 25 April 2020 – 16:39 WIB
Belgia Mulai Longgarkan Aturan Lockdown - JPNN.COM
Petugas kamar mayat memindahkan jenazah seseorang di panti jompo ditengah pandemi virus corona (COVID-19), di Brussels, Belgia, Selasa (14/4/2020). Foto: ANTARA/REUTERS/Yves Herman/ AWW/djo

jpnn.com, BELGIA - Belgia berencana melonggarkan aturan lockdown (karantina wilayah) secara bertahap mulai 4 Mei, yang akan diikuti dengan menuju pelonggaran lebih jauh selama bulan itu.

Larangan yang ditetapkan Belgia, salah satu negara yang terdampak paling parah oleh COVID-19, saat ini hanya dikecualikan pada toko-toko yang menjual makanan, perkakas rumah tangga, pertamanan dan obat-obatan. Sebagian besar masyarakat diperbolehkan bekerja hanya dari rumah.

Perdana Menteri Sophie Wilmes mengatakan pada konferensi pers, setelah melakukan pembahasan selama tujuh jam, pada Jumat (24/4) bahwa Belgia kemungkinan memperketat pembatasan atau menunda pelonggaran aturan, tergantung dari situasi kesehatan.

"Sekarang saatnya untuk memandang ke masa depan," katanya.

"Tapi COVID belum menghilang, virus itu masih berada di sekitar kita dan membahayakan penduduk. Sangat penting bahwa langkah-langkah keselamatan dipatuhi selama periode penutupan ini."

Wilmes mengatakan Belgia akan perlu melakukan 25.000 sampai 30.000 uji COVID-19 per hari agar dapat mencabut lockdown.

Pelacakan kontak orang-orang yang tertular virus tersebut akan dijalankan oleh sebuah tim baru beranggotakan 2.000 orang.

Mulai 4 Mei, makin banyak tempat usaha akan diizinkan buka kembali.

Wilmes mengatakan Belgia akan perlu melakukan 25.000 sampai 30.000 uji COVID-19 per hari agar dapat mencabut lockdown.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close