Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Logistik Penanggulangan Bencana Memadai

Minggu, 14 November 2021 – 04:20 WIB
Logistik Penanggulangan Bencana Memadai - JPNN.COM
Tim SAR dan personel Polres Sukabumi bergegas menyelamatkan warga yang menjadi korban bencana yang disimulasikan pada kegiatan simulasi penanggulangan bencana gabungan pada Sabtu, (13/11/2021). ANTARA/Aditya Rohman

jpnn.com, SUKABUMI - Pemkab Sukabumi memastikan logistik berupa kebutuhan pokok, perlengkapan makan, mandi dan tidur untuk membantu korban bencana alam memadai.

"Logistik bantuan untuk korban bencana sudah disiagakan bisa langsung digunakan jika terjadi bencana. Saat kejadian bencana petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) tidak hanya sebatas mendata, mengebakuasi maupun memantau saja tetapi selalu menyiagakan bantuan darurat untuk disalurkan kepada korban terdampak," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman, Sabtu.

Selan itu, ketersediaan peralatan untuk menunjang proses penanggulangan bencana juga tidak kalah penting agar mempercepat kerja personel dalam membantu korban dengan tujuan meminimalisikan dampak kerugian yang dialami warga terdampak bencana.

Menurut Ade, peralatan harus memadai karena jika terjadi musibah bencana ada warga yang terjebak di longsoran tanah maupun reruntuhan bangunan yang membutuhkan bantuan bisa dengan cepat diselamatkan.

Kemudian, personel penanggulangan bencana yang disiagakan di setiap kecamatan diimbau untuk selalu menjaga kesehatannya, apalagi yang bertugas di daerah yang memiliki potensi terjadinya bencana alam tinggi. Kemudian, saat menerima laporan terjadinya bencana agar dengan cepat datang ke lokasi dengan memprioritaskan menyelamatkan warga.

"Kamo sudah persiapkan segalanya untuk menghadapi dampak fenomena alam La Nina. Personel, peralatan dan logistik kami pastikan tersedia dan tetap berharap dampak dari La Nina yang ditandai dengan intensitas hujan yang tinggi tidak memicu terjadinya bencana," tambahnya.

Ade mengatakan selain personel penanggulangan bencana maupun instansi lainnya yang harus selalu bersiaga antisipasi terjadinya bencana, warga pun harus meningkatkan kewaspadaannya minimalnya di daerahnya masing-masing apalagi dalam beberapa hari ke depan diprakirakan cuaca buruk masih melanda wiilayah kabupaten terluas di Pulau Jawa dan Bali ini.

Koordinasi antarinstansi dan masyarakat pihaknya optimistis jika terjadi bencana dampaknya bisa diminimalisasikan.

Pemkab Sukabumi memastikan logistik berupa kebutuhan pokok, perlengkapan makan, mandi dan tidur untuk membantu korban bencana alam memadai.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close