Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

LSM Ramalkan Pemilu 2009 Lebih Buruk

Jumat, 26 Desember 2008 – 20:48 WIB
LSM Ramalkan Pemilu 2009 Lebih Buruk - JPNN.COM
JAKARTA- Pemilihan Umum (KPU) kembali mendapat ujian baru, menyusul keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menetapkan Pemilu 2009 dengan menggunakan suara terbanyak. Bila ujian ini tidak mampu diatasi, maka dipastikan Pemilu 2009 mendatang hasilnya akan menurun dibanding dengan Pemilu 2004.

''Saya yakin pemilu mendatang ini hasilnya akan lebih buruk dari pemilu sebelumnya yang juga belum baik.Masalah MK itu adalah masalah susulan dari masalah lainnya yang dihadpi KPU. Seperti, permasalah pada tingkat regulasi, sosialisasi, dan anggaran yang masih kacau. Jadi secara substansial, hampir semua elemen bermasalah baik dari KPU sendiri maupun pemerintah,'' kata Koordinator Jaringan Pemantau Pemilih untuk Rakyat (JPPR) Jerry Sumampao kepada Berita Kota, Jumat (26/12).

Menurut Jerry, pelaksanaan pemilu tahap pertama atau pemilu legislatif tinggal menghitung bulan. Namun, persiapan yang dilakukan oleh KPU belum maksimal. Oleh karenanya, sangat beralasan bila banyak kalangan menilai akan terjadi penundaan pemilu. Karena alasannya sudah sangat jelas, masih banyak yang belum siap dilakukan oleh KPU.

Namun, lanjut Jerry, akan menjadi masalah besar pula jika pelaksanaan pemilu diundur. Sebab, hal itu akan mempengaruhi pemilihan Presiden. ''Dalam konstitusi kita tidak ada mekanismenya jika pemilu diundur,'' jelasnya.Seharusnya, kata Jerry, KPU dalam waktu yang sempit ini harus melakukan langkah-langkah yang cepat dengan cara melakukan koordinasi dengan pemerintah. Sehingga, persiapan dan implementasi menghadapi pemilu bisa lebih maksimal.

JAKARTA- Pemilihan Umum (KPU) kembali mendapat ujian baru, menyusul keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menetapkan Pemilu 2009 dengan menggunakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close