Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Luar Biasa! Gula Semut Asal Magelang Berjaya di Pasar Malaysia, Sebegini Harganya

Kamis, 24 Agustus 2023 – 17:23 WIB
Luar Biasa! Gula Semut Asal Magelang Berjaya di Pasar Malaysia, Sebegini Harganya - JPNN.COM
Kepala Kantor Bea Cukai Magelang Imam Sarjono yang turut hadir dalam pelepasan ekspor gula semut pada Senin (21/8) lalu. Foto: Dokumentasi Humas Bea Cukai

jpnn.com, MAGELANG - Salah satu produk unggulan Kabupaten Magelang, yaitu gula semut merambah pasar Malaysia.

Produk olahan gula batok yang sebelumnya dipandang sebelah mata dan dihargai rendah di pasar lokal tersebut kini justru berjaya di negara tetangga.

PT Nira Lestari International merupakan produsen sekaligus eksportir gula semut tersebut.

UMKM yang berlokasi di Dusun Semen, Desa Trenten, Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang ini pada awalnya adalah kelompok wanita tani (KWT).

Sebelumnya, KWT tersebut hanya memproduksi dan menjual gula batok dari sadapan pohon kelapa yang dihargai sangat rendah oleh tengkulak, bahkan harganya sampai anjlok pada 2013.

Direktur Utama PT Nira Lestari Internasional Ella Rizki FM mengatakan pihaknya mulai memperkenalkan produk gula semut pada 2012 lalu, dan sempat mendapat pertentangan.

"Namun, dengan kesabaran, akhirnya banyak masyarakat yang paham. Mereka kemudian memproduksi dan menampung produknya di unit pengolahan hasil atau UPH. Hingga akhirnya kami berinisiatif untuk mengekspor produk gula semut tersebut ke mancanegara," ungkap Ella, yang juga seorang penduduk asli Desa Trenten.

Dalam ekspor kali ini, perusahaan juga telah memasarkan produknya dengan merek sendiri sehingga komoditas yang diekspor mempunyai nilai yang lebih tinggi.

Gula semut produksi UMKM binaan Bea Cukai Magelang sukses merambah dan berjaya di pasar Malaysia, harga melambung tinggi tembus sebegini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close