Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Lula da Silva

Oleh: Dhimam Abror Djuraid

Rabu, 02 November 2022 – 19:23 WIB
Lula da Silva - JPNN.COM
Presiden terpilih Brasil Luiz Inacio Lula da Silva menyampaikan pidato kemenangannya di Sao Paulo, Minggu (30/10) malam. Foto: CAIO GUATELLI / AFP

jpnn.com - Politik selalu penuh kejutan, dan kadang juga keajaiban. Tidak ada yang mustahil dalam politik. Apa saja bisa terjadi. Berbagai peristiwa yang mendekati mukjizat sering terjadi dalam politik.

Terpilihnya Rishi Sunak sebagai Perdana Menteri Inggris keturunan Asia pertama adalah keajaiban. Sekarang, keajaiban yang kurang lebih sama terjadi di Brasil.

Politikus gaek Luiz Inacio Lula da Silva, 77 tahun, mengalahkan petahana Jair Bolsonaro, 67 tahun, dalam pilpres dua putaran dengan selisih suara supertipis.

Kemenangan Lula da Silva ini disebut sebagai kebangkitan kedua, karena dia sudah pernah menjadi presiden dua periode pada 2003 sampai 2007.

Dia kemudian dituduh terlibat korupsi dan dipenjara selama 18 bulan pada 2019. Akan tetapi, Silva berhasil bangkit dan memimpin perjuangan mengalahkan petahana yang kuat.

Hasil pemilu Brasil diumumkan akhir pekan lalu (31/10) dan diketahui bahwa Lula da Silva mengumpulkan suara 50,9 persen, sementara Bolsonaro meraup 49,1 persen.

Selisih supertipis ini rawan gugatan dan sangat rentan terhadap penolakan. Apalagi, selama ini Bolsonaro dikenal sebagai politikus garis kanan pro-pemodal yang rada slebor.

Akan tetapi, itulah keajaiban politik. Petahana yang bergaya politik megalomania ternyata bisa dikalahkan oleh politikus yang lebih mendengarkan suara rakyat kecil.

Kemenangan Lula da Silva ini disebut sebagai kebangkitan kedua, karena dia sudah pernah menjadi Presiden Brasil dua periode pada 2003 sampai 2007

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close