Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Lupakan Pembakaran Al-Qur'an, Turki Buka Peluang untuk Swedia Gabung NATO

Jumat, 10 Maret 2023 – 18:59 WIB
Lupakan Pembakaran Al-Qur'an, Turki Buka Peluang untuk Swedia Gabung NATO - JPNN.COM
Arsip - Presiden Turki Tayyip Erdogan, Perdana Menteri Swedia Magdalena Andersson, Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberga, Presiden Finlandia Sauli Niinisto, dan Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu terlihat setelah menandatangani sebuah dokumen pada Selasa (28/06/2022), di tengah KTT NATO di Madrid, Spanyol. Foto: ANTARA FOTO/REUTERS/Violeta Santos Moura/rwa/UYU

jpnn.com, LONDON - Aksi pembakaran Al-Qur'an di Swedia Januari lalu tampaknya sudah dilupakan pemerintah Turki. Sempat murka hingga melontarkan ancaman, rezim Recep Tayyip Erdogan kini mulai melunak dan kembali membuka peluang pembicaraan soal keanggotaan NATO.

Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) mengatakan pada Kamis bahwa Turki, Finlandia dan Swedia telah menyetujui prinsip jangka panjang mekanisme bersama yang permanen untuk memerangi terorisme dan akan terus bekerja sama dalam format tersebut.

Ketiga negara tersebut juga setuju untuk bertemu kembali sebelum KTT di Vilnius pada Juli.

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan bahwa Finlandia dan Swedia harus mengambil langkah baru untuk mengatasi masalah legitimasi keamanan Turki.

“Ini saatnya semua Aliansi untuk memutuskan proses ratifikasi dan menyambut Finlandia dan Swedia sebagai anggota penuh Aliansi menjelang KTT NATO di Vilnius,” kata Stoltenberg.

Sepekan setelah Rasmus Paludan membakar Al-Qur'an di ibu Kota Swedia, Presiden Erdogan dengan berapi-api menegaskan bahwa Turki tidak akan mendukung negara yang mengizinkan penistaan agama.

Namun, insiden yang telah memicu kemarahan umat Islam di seluruh penjuru dunia itu tak disinggung dalam pertemuan terbaru ini.

Selama pertemuan, perwakilan ketiga negara membahas langkah nyata yang akan diambil untuk menerapkan memorandum trilateral, yang telah ditandatangani Juni tahun lalu.

Dua bulan setelah pembakaran Al-Qur'an di Stockholm, Turki akhirnya kembali ke meja negosiasi dengan Swedia. Peluang jadi anggota NATO kembali terbuka

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close