Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Lupakan Sejenak Solidaritas Muslim, Malaysia Dekati India demi Obat Corona

Kamis, 16 April 2020 – 08:07 WIB
Lupakan Sejenak Solidaritas Muslim, Malaysia Dekati India demi Obat Corona - JPNN.COM
Ilustrasi. Sampel virus corona yang diperlihatkan oleh salah seorang dokter. Foto: ANTARA

jpnn.com, KUALA LUMPUR - Malaysia adalah salah satu negara yang paling keras mengkritik diskriminasi terhadap umat Islam di India. Tak sekadar mengecam, pemerintah Malaysia bahkan sampai melarang semua ekspor produk sawit ke India. Namun, wabah virus corona tampaknya telah mengubah sikap Negeri Jiran tersebut.

Kemarin, Rabu (15/4), Wakil Menteri Luar Negeri Malaysia Kamarudin Jaffar mengumumkan pembelian pil hidrosiklorokuin dari India. Seperti diketahui, obat antimalaria itu berpotensi ampuh menyembuhkan pasien virus corona dan India adalah produsen terbesarnya.

New Delhi bulan lalu sempat memberhentikan ekspor hidroksiklorokuin demi mengamankan persediaan dalam negeri. Namun, larangan tersebut akhirnya diangkat bulan ini.

"Pemerintah India pada 14 April telah mengeluarkan izin untuk Malaysia mengimpor 89.100 tablet (hidroksiklorokuin, red)," kata Wakil Menlu Malaysia, Jaffar.

"Kami akan berupaya mengimpor lebih banyak pil hidroksiklorokuin dari India, yang jadi sumber persediaan," ujar dia.

Akan tetapi, Kementerian Luar Negeri India belum memberi tanggapan terkait pernyataan Malaysia itu.

Malaysia telah menggunakan hidroksiklorokuin untuk pasien COVID-19 dengan gejala ringan bersama dengan obat-obatan lain, menurut penjelasan prosedur yang ditetapkan otoritas terkait.

Negara berjuluk Negeri Jiran itu memiliki jumlah pasien COVID-19 tertinggi kedua di Asia Tenggara dengan 5.000 kasus positif dan 82 korban jiwa. (ant/dil/jpnn)

Malaysia adalah salah satu negara yang paling keras mengkritik diskriminasi terhadap umat Islam di India. Namun, wabah virus corona tampaknya telah mengubah sikap Negeri Jiran tersebut.

Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close