Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

M Iqbal Kesandung Liga Inggris

Rabu, 17 September 2008 – 13:53 WIB
M Iqbal Kesandung Liga Inggris - JPNN.COM
JAKARTA - Penangkapan anggota Komisi Pengawas dan Persaingan Usaha (KPPU) Muhammad Iqbal oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) disinyalir tak lepas dari perannya dalam memutus perkara sengketa monopoli hak siar Liga Inggris di Astro TV. Dalam perkara itu, Iqbal memenangkan PT Direct Vision (DV) yang menjadi pemegang hak siar Liga Inggris di Astro TV.

Ketua KPPU Syamsul Maarif yang dihubungi JPNN, Rabu (17/9) dini hari usai menjenguk Iqbal di KPK, membenarkan bahwa rekannya di KPPU itu memang sempat menangani kasus sengketa antara Astro TV. "Benar dia (Iqbal) memang sempat menangani sengketa kasus Astro. Dan itu sudah duiputuskan," ujar Syamsul.

Seperti diketahui, Pada 29 Agustus 2008, KPPU mengadakan sidang final kasus Astro atas dugaan monopoli siaran liga Inggris. Saat itu banyak yang menduga PT DV akan dikenai sanksi oleh KPPU. Namun, itu tak terjadi. PT DV tetap aman. Bahkan, siaran liga Inggris yang akan hijrah ke Aora TV diharuskan tetap berada di PT DV. Hal itulah yang ditengarai menjadi dasar kepentingan terjadinya praktik suap kepada anggota KPPU.

Saat itu, KPPU menyatakan bahwa PT DV dan AAAN tidak terbukti melanggar pasal 16 UU No 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat. Isinya, pelaku usaha dilarang membuat perjanjian dengan pihak lain di luar negeri yang memuat ketentuan yang dapat mengakibatkan terjadinya praktik monopoli dan persaingan usaha tidak sehat.

JAKARTA - Penangkapan anggota Komisi Pengawas dan Persaingan Usaha (KPPU) Muhammad Iqbal oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) disinyalir

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA