Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mahfud MD Senang Aktivis Lingkungan Sudah Jarang Protes

Selasa, 23 Juni 2020 – 15:42 WIB
Mahfud MD Senang Aktivis Lingkungan Sudah Jarang Protes - JPNN.COM
Menko Polhukam Mahfud MD. Foto: Zuhdiar Laeis/Antara

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan, sejauh ini pihaknya sudah berhasil meminimalisasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dan memperbaiki tata kelola lingkungan hidup. Dia mengklaim, upaya ini berhasil menurunkan isu yang membuat geger Indonesia soal karhutla dan menuai pujian dari aktivis lingkungan hidup.

"Saudara sekalian, ini tadi ada rapat kabinet terbatas, khusus menanggapi penanganan karhutla yang biasa kami tangani setiap tahun, karena kami punya hutan begitu banyak, begitu luasnya. Dan biasanya setiap tahun ada saja kebakaran hutan," kata Mahfud usai mengikuti ratas bersama dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (23/6).

Dalam ratas tersebut, kata Mahfud, hadir juga Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Doni Monardo. Dalam ratas terdapat sejumlah kesimpulan.

"Pertama, beberapa tahun terakhir, alhamdulillah kami berhasil meminimalisasi kebakaran hutan sehingga bencana-bencana yang agak besar dan membikin geger itu sudah dapat dikatakan tidak lagi terjadi. Protes-protes dari aktivis lingkungan hidup maupun dari negara-negara lain dalam empat-lima tahun terakhir ini sudah tidak begitu gencar karena kita telah menyiapkan semua langkah," kata dia.

Pemerintah, lanjut Mahfud, sudah memiliki langkah mitigasi, pencegahan, penyelesaian hingga tindak lanjut. Mahfud juga meyakini aspek-aspek tersebut bisa menekan angka karhutla di Indonesia.

"Tadi kami rapat bagaimana menghadapi 2020, karena bukan hanya menyelesaikan Karhutla tapi juga Covid-19. Sehingga, kami menyiapkan langkah-langkah bersama menghadapi musim kemarau," jelas dia. (tan/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan, sejauh ini pihaknya sudah berhasil meminimalisasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla)

Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close