Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mahfud Yakin KPK Akan Tetap Efektif Meski Diawasi Dewas

Kamis, 26 Desember 2019 – 23:17 WIB
Mahfud Yakin KPK Akan Tetap Efektif Meski Diawasi Dewas - JPNN.COM
Menkopolhukam Mahfud MD menanggapi usulan Hendropriyono agar OPM disebut sebagai pemberontak, bukan KKB. Foto: Aristo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan atau Menko Polhukam Mahfud MD manilai harapan pemberantasan korupsi tetap terjaga di tengah terbentuknya Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi atau Dewas KPK. Sebab, sosok yang menjabat Dewas KPK memiliki integritas kuat.

"Itu ternyata orang-orang yang diangkat oleh Presiden orang yang secara publik integritasnya sama sekali tidak diragukan. Itu orang yang sangat antikorupsi," ucap Mahfud ditemui di kawasan Menteng, Kamis (26/12).

Walakin, Mahfud awalnya sempat khawatir dengan pembentukan Dewas KPK. Terlebih banyak pihak menganggap Dewas bakal memperlemah lembaga antirasuah.

Hanya saja, Mahfud menerima keberadaan Dewas yang menjadi amanat di UU KPK hasil revisi pada 2019."Namun, kalau dilihat perkembangan terkahir ada harapan lebih baik," kata dia.

Kemudian, ucap dia, harapan pemberantasan korupsi tetap terjaga meski pimpinan KPK mendapatkan keraguan banyak pihak. Namun, nyatanya keragu-raguan itu tidak tepat.

Mahfud pun mencontohkan penunjukkan para pimpinan KPK era Agus Rahardjo. Ketika Agus ditunjuk, banyak pihak yang meragukan.

Berjalan waktu, kinerja era pimpinan KPK era Agus menuai apresiasi. Oleh sebab itu, komposisi pimpinan KPK yang sudah dilantik juga bakal memperkuat pemberantasan korupsi.

"Sekarang kami punya harapan dengan komposisi sekarang ini mudah-mudahan KPK yang terdiri dua lapis yakni komisioner dan Dewas, itu bisa menjadi lebih kuat," pungkas Mahfud. (mg10/jpnn)

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan atau Menko Polhukam Mahfud MD manilai harapan pemberantasan korupsi tetap terjaga di tengah terbentuknya Dewan Pengawas

Redaktur & Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close