Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mahmoud Ahmadinejad Daftar Pilpres Iran 2024

Senin, 03 Juni 2024 – 15:45 WIB
Mahmoud Ahmadinejad Daftar Pilpres Iran 2024 - JPNN.COM
Mahmoud Ahmadinejad di kantornya sebagai mantan presiden Iran di Ladan Complex pada 6 Agustus 2013. (Wikimedia Commons/Hamed Malekp)

jpnn.com - TEHERAN - Mahmoud Ahmadinejad ikut Pilpres Iran 2024. Pada hari terakhir pendaftaran Pilpres Iran, Machmoud Ahmadinejad, termasuk di antara nama-nama terkenal yang mengajukan pencalonan diri.

Ahmadinejad, yang menjabat sebagai presiden negara itu selama dua periode empat tahun berturut-turut antara 2005 dan 2013, datang ke markas besar pemilu di Teheran pada Minggu pagi (2/6), dikawal oleh beberapa asistennya.

Politikus konservatif garis keras itu, yang tidak lagi disegani para pemimpin negara setelah meninggalkan jabatannya, tidak memiliki aktivitas politik yang signifikan sejak 2013.

Dia didiskualifikasi oleh Dewan Konstitusi, badan penyeleksi tertinggi dalam pemilihan presiden, pada 2017 dan 2021.

Pada 2017, Hassan Rouhani terpilih kembali sebagai presiden.

Ebrahim Raisi terpilih pada 2021.

Pilpres lebih awal dijadwalkan akan diadakan pada 28 Juni menyusul wafatnya Raisi dalam kecelakaan helikopter di wilayah Iran barat laut pada 19 Mei.

Senin adalah hari terakhir pendaftaran, setelah itu Dewan Konstitusi akan memeriksa para kandidat dan merilis daftar kandidat yang memenuhi syarat pada 11 Juni.

Pada hari terakhir pendaftaran Pilpres Iran 2024, Machmoud Ahmadinejad, termasuk di antara nama-nama terkenal yang mengajukan pencalonan diri.

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close