Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mak Ganjar Ajarkan Ibu-Ibu di Ciawi Cara Membuat Kuliner dari Daun Binahong

Sabtu, 23 Desember 2023 – 18:26 WIB
Mak Ganjar Ajarkan Ibu-Ibu di Ciawi Cara Membuat Kuliner dari Daun Binahong - JPNN.COM
Pelatihan pembuatan keripik dari daun binahong yang digelar Mak Ganjar di Ciawi, Bogor. Dok: sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, CIAWI - Sukarelawan Mak Ganjar menggelar pelatihan pembuatan keripik binahong untuk ibu-ibu di Kelurahan Loji, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Jabar) pada Sabtu (23/12).

Dalam pelatihan tersebut, relawan pendukung Ganjar Pranowo dan Mahfud MD itu mengajarkan para ibu-ibu agar bisa memanfaatkan daun tanaman binahong untuk bisa diubah menjadi makanan keripik.

Koordinator Daerah Mak Ganjar Kabupaten Bogor, Neneng Lukman menjelaskan binahong merupakan jenis tanaman yang mudah dijumpai di wilayahnya.

Namun, Neneng menyebut masih banyak warga yang belum paham cara memanfaatkan dan mengolah tanaman tersebut untuk bisa menjadi makanan.

"Di wilayah kami banyak tumbuh pohon binahong. Warga di sini belum tahu cara pemanfaatannya. Alhamdulillah kami ada ide pembuatan keripik binahong ini," kata Neneng.

Neneng menerangkan banyak warga saat ini hanya mengenal daun binahong sebagai tanaman obat.

Sehingga dengan adanya pelatihan ini, diharapkan bisa menambah wawasan warga untuk bisa memanfaatkan sumber daya alam yang ada di lingkungan mereka.

Dia melanjutkan, pembuatan keripik dari daun binahong ini juga bisa menjadi ide usaha bagi para ibu-ibu di daerah Ciawi. Ini bisa berguna untuk menambah penghasilan mereka.

Sukarelawan Mak Ganjar mengajarkan ibu-ibu di Ciawi cara-cara membuat kuliner dari daun binahong.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close