Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Malware Berkamuflase Film Nominasi Oscar, Begini Cara Pencegahannya

Senin, 10 Februari 2020 – 23:38 WIB
Malware Berkamuflase Film Nominasi Oscar, Begini Cara Pencegahannya - JPNN.COM
Hacker. Ilustrasi: Daily Telegraph/Alamy

jpnn.com, JAKARTA - Kaspersky menemukan lebih dari 20 situs web phising dan akun Twitter yang menawarkan kesempatan kepada pengguna untuk menonton film yang masuk nominasi Oscar secara gratis.

“Situs web phishing ini mengumpulkan data pengguna dan meminta mereka memenuhi berbagai syarat untuk mendapatkan akses ke film yang diinginkan,” tulis perusahaan keamanan siber itu dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin.

Metode tersebut, ungkap Kaspersky, dapat bervariasi mulai dari mengambil survei dan berbagi rincian pribadi, untuk menginstal adware hingga meminta rincian kartu kredit. Namun, pengguna tidak akan mendapatkan konten apapun.

Beberapa judul film dengan nominasi gambar terbaik yang dianalisis oleh para peneliti Kaspersky, di antaranya “1917,” “Joker,” “Parasite,” “The Irishman” dan “Once upon a time in Hollywood.”

Untuk lebih mendukung promosi situs web palsu tersebut, para pelaku kejahatan siber juga membuat sebuah akun Twitter, sebagai tempat mereka mendistribusikan tautan dalam konten.

Ditambah juga dengan fail berbahaya yang menyebar melalui saluran berbeda, metode ini, tidak dipungkiri masih membawakan kesuksesan bagi mereka.

Fail berbahaya yang menyebar di internet dengan kedok salinan film yang mendapatkan nominasi ini, sekaligus mengindikasikan minat cukup signifikan terhadap para nominasi.

Peneliti Kaspersky membandingkan aktivitas berbahaya dengan nama nominasi film tersebut selama empat minggu pertama setelah pemutaran perdananya.

Kaspersky menemukan lebih dari 20 situs web phising dan akun Twitter yang menawarkan kesempatan kepada pengguna untuk menonton film yang masuk nominasi Oscar secara gratis.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close