Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mandala Minimal Butuh Rp 3,1 Triliun

Jika Ingin Tetap Terbang Di Tahun 2012

Sabtu, 15 Januari 2011 – 08:03 WIB
Mandala Minimal Butuh Rp 3,1 Triliun - JPNN.COM
JAKARTA - Langkah Mandala Airlines untuk kembali mengudara nampaknya akan berat. Dalam kondisi keuangan yang carut marut seperti sekarang, Mandala Airlines harus mencari investor yang mau membelikan lima pesawat dan menyewakan lima pesawat sebelum tahun 2012.

"Kalau dia tetap mau terbang ya tahun ini harus beli lima pesawat. Sisanya, minimal lima pesawat bisa sewa. Sesuai Undang-Undang itu deadline-nya kan 12 Januari 2012," ujar Sekjen INACA (Indonesia National Air Carrier Association), Tengku Burhanuddin kemarin. Aturan itu merupakan amanah UU Penerbangan yang disahkan 12 Januari 2009 lalu.

Tengku mengaku tidak mengetahui kondisi keuangan Mandala Airlines yang sebenarnya, namun menurutnya cukup sulit jika maskapai itu harus mengejar target kepemilikan lima pesawat pada tahun ini. "Itu urusan pemegang saham Mandala, kalau mau hidup lagi ya harus keluar uang banyak untuk membeli pesawat, apalagi mereka kan pakai Airbus," tukasnya.

Seperti diketahui, jumlah pesawat yang dioperasikan Mandala terus menyusut. Dua tahun lalu, pesawat yang dioperasikan masih 11 unit, namun kini tersisa lima. Satu per satu pesawat dipulangkan karena harga sewa yang mahal. Jika tidak, keuangan perusahaan bakal tergerus. Mandala menandatangani kontrak sewa pesawat Airbus pada 2007. "Saat itu harga sewa pesawat memang sedang tinggi," tambahnya.

JAKARTA - Langkah Mandala Airlines untuk kembali mengudara nampaknya akan berat. Dalam kondisi keuangan yang carut marut seperti sekarang, Mandala

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
  • Bisnis

    Citilink Indonesia Terbangi Kendari

    Sabtu, 17 Juni 2017 – 04:16 WIB
    Citilink Indonesia Terbangi Kendari - JPNN.com
  • Bisnis

    Lion dan Batik Air Tambah Rute Baru

    Rabu, 07 Juni 2017 – 14:15 WIB
    Lion dan Batik Air Tambah Rute Baru - JPNN.com
  • Bisnis

    Juni 2017, Citilink Buka Rute Jakarta-Kendari

    Selasa, 30 Mei 2017 – 14:25 WIB
    Juni 2017, Citilink Buka Rute Jakarta-Kendari - JPNN.com
  • Bisnis

    Lion Air Siapkan Rute Bandung-Pekanbaru

    Jumat, 26 Mei 2017 – 16:16 WIB
    Lion Air Siapkan Rute Bandung-Pekanbaru - JPNN.com
X Close