Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Manfaat Hebat dari Olahraga 15 Menit

Jumat, 29 Juli 2016 – 06:46 WIB
Manfaat Hebat dari Olahraga 15 Menit - JPNN.COM
Ilustrasi. Foto: Health

Sebanyak 15 menit olahraga setiap hari bisa menurunkan risiko dewasa yang lebih tua dari kematian dini. Penelitian ini melibatkan lebih dari 123.000 orang yang berusia 60 tahun dan lebih tua. Rata-rata waktu tindak lanjut penelitian ini adalah 10 tahun.

Dibandingkan dengan mereka yang aktif, orang dengan rendahnya tingkat aktivitas adalah 22 persen lebih mungkin untuk meninggal selama periode penelitian.

Selain itu, bagi orang-orang dengan tingkat aktivitas fisik sedang dan tinggi, risiko kematian selama studi berkurang 28 persen dan 35 persen (masing-masing) dibandingkan dengan orang yang tidak aktif sama sekali.

" Penelitian ini tidak dirancang untuk membuktikan hubungan sebab-akibat, tetapi hasilnya menunjukkan bahwa semakin sering orang dewasa (tua) melakukan aktivitas fisik, maka semakin besar manfaat kesehatan yang mereka dapatkan," kata peneliti, Dr. David Hupin, seperti dilansir laman Health.

Umur bukan alasan untuk tidak berolahraga. Aktivitas fisik secara teratur memiliki efek lebih baik secara keseluruhan pada kesehatan daripada pengobatan.

Hupin mengatakan orang tidak harus membuat perubahan drastis pada jumlah aktivitas dalam kehidupan mereka. Sebaliknya, mereka harus semakin meningkatkan jumlah aktivitas yang mereka lakukan.

" Lima belas menit sehari bisa menjadi target yang wajar untuk orang dewasa yang lebih tua. Peningkatan kecil dalam aktivitas fisik memungkinkan beberapa orang dewasa yang lebih tua untuk menggabungkan aktivitas yang lebih moderat dan lebih dekat dengan yang direkomendasikan yakni 150 menit per minggu," pungkasnya.(fny/jpnn)

Sebanyak 15 menit olahraga setiap hari bisa menurunkan risiko dewasa yang lebih tua dari kematian dini. Penelitian ini melibatkan lebih dari 123.000

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close