Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mang Subur Si Raja Ijoan Trusmi

Kamis, 28 Februari 2019 – 05:30 WIB
Mang Subur Si Raja Ijoan Trusmi - JPNN.COM
Kerang hijau yang diolah Mang Subur gurih, lezat dan tidak bau amis. Foto: Nur Via Pahlawanita/Radar Cirebon

jpnn.com, CIREBON - Buat warga Cirebon, Kerang Ijo Mang Subur mungkin sudah tak asing lagi. Kuliner jenis ijoan (kerang hijau), bukur (kerang dara) dan kepiting yang dijual oleh Subur ini berada di Simpang Empat Jalan Syekh Datuk Kahfi Trusmi, Desa Trusmi Kulon, Kecamatan Plered Kabupaten Cirebon.

Kepada Radar, Subur mengaku menjual seafood ijoan, bukur dan kepiting sudah sekitar sepuluh tahun terakhir.

Dalam sehari, dia mampu menjual seafood tersebut hingga 4 kuintal. “Satu porsi harganya lima ribu rupiah,” ungkap pria yang akrab disapa Mang Subur ini kepada Radar.

Meski berderet dengan pedagang kuliner lain, Mang Subur yang lebih dikenal sebagai Raja Ijoan Trusmi, tak pernah sepi pembeli. Pasalnya, sebagian besar para konsumen merupakan pencinta seafood yang langsung jatuh cinta dengan aneka menu. “Di sini andalannya ijoan. Saya buka dari jam lima sore sampai sehabisnya,” ujarnya.

Mang Subur mengatakan, bahan seafood dia dapat dari nelayan Bondet. Kemudian, kerang hijau tersebut dicuci bersih lalu direbus terlebih dahulu. Setelah itu, baru dimasak dengan rempah-rempah bumbu rahasia ala Mang Subur.

Salah seorang pembeli Nurhasanah mengatakan, seafood yang dijajakan Mang Subur terutama ijoan sangat lezat dan enak. Begitu wajan tempat ijoan dibuka, aromanya sudah sangat menarik.

“Ketika dicicipi, ijoannya enak, lezat, segar tidak bau amis. Isinya juga lumayan banyak. Hanya (Rp) 5.000,” ujarnya. (via/radarcirebon)

Ketika dicicipi, ijoan milik Mang Subur enak dan tidak bau amis. Hanya lima ribu rupiah.

Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close