Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Manusia Tertua Merayakan Ulang Tahun ke-116

Kamis, 06 Maret 2014 – 11:33 WIB
Manusia Tertua Merayakan Ulang Tahun ke-116 - JPNN.COM
Misao Okawa. Foto: Getty Images

jpnn.com - OSAKA - Perempuan warga negara Jepang, Misao Okawa mengukuhkan dirinya sebagai manusia tertua di dunia saat ini. Ia merayakan ulang tahun ke-116 pada 5 Maret kemarin.

Tak seperti manusia tertua lain, Okawa yang lahir pada tahun 1898 itu mengaku tak punya resep khusus agar umurnya bisa panjang. Perempuan tertua di dunia ini bahkan mengaku tak berpantang soal makanan.

"Yang penting banyak tidur. Dia suka sushi juga spaghetti, sashimi dan daging sapi rebus," ucap  pegawai di panti jompo yang sudah 18 tahun ini menjadi tempa tinggal Okawa, seperti dikutip dari guardian, Kamis (6/3).

Kepada perawat yang merawatnya, Okawa selalu mengatakan rahasia panjang umur adalah hidup rileks dan makan makanan yang sehat. Walau jadi berita dunia, ulang tahun Okawa kemarin berlangsung sederhana. Dia hanya diberi kue dengan tiga lilin di atasnya.

Okawa menikah saat umur 21 tahun pada tahun 1919. Suaminya meninggal tahun 1931 dengan meninggalkan 3 anak yang dua 2 di antaranya masih hidup dan kini sudah berumur 90 tahunan.

Kini, Okawa memiliki 4 cucu dan 6 cicit.  Saat tahun lalu diberi tahu bakal menjadi manusia tertua di dunia, Okawa sempat tak percaya. "Apa benar aku akan hidup selama itu?” tanyanya kala itu.

Sudah puluhan tahun kondisi kesehatan Okawa baik. Terakhir dia sakit saat berumur 102 tahun setelah kakinya patah akibat terjatuh. "Dia tetap sehat bahkan berat badannya naik," ucap sang perawat.

Okawa lahir di saat perang Amerika-Spanyol sedang berlangsung dan Ratu Victoria masih memerintah Inggris. Okawa tercatat sebagai manusia tertua setelah Jiroemon Kimura meninggal pada 12 Juni 2013.  Pria Jepang ini meninggal dalam usia 116 tahun 54 hari.

OSAKA - Perempuan warga negara Jepang, Misao Okawa mengukuhkan dirinya sebagai manusia tertua di dunia saat ini. Ia merayakan ulang tahun ke-116

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close