Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mas Nadiem Ajak Mahasiswa Ikut Program Baru Kemendikbudristek Ini

Rabu, 11 Mei 2022 – 16:02 WIB
Mas Nadiem Ajak Mahasiswa Ikut Program Baru Kemendikbudristek Ini - JPNN.COM
Mendikbudristek Nadiem Makarim mengajak mahasiswa ikut program terbaru Kemendikbudristek. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali menyelenggarakan program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) angkatan kedua.

Dalam sosialisasi yang diselenggarakan Rabu (11/5), Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim mengajak mahasiswa dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia untuk berpartisipasi dan berkontribusi pada PMM 2. 

“Saya ingin mengajak adik-adik mahasiswa di seluruh Indonesia, khususnya yang sekarang duduk di semester 3, 5, dan 7 untuk mendaftar Program PMM Angkatan 2,” ucap Mas Nadiem, sapaan akrab Mendikbudristek Nadiem Makarim, Rabu (11/5).

PMM merupakan salah satu program unggulan dari Ditjen Diktiristek yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menggunakan hak belajarnya di luar program studi dan perguruan tinggi asal.

Mahasiswa PMM 2 akan melaksanakan proses pembelajaran dalam kebinekaan untuk semester 3, 5, atau 7 di perguruan tinggi yang berada di klaster pulau berbeda dari perguruan tinggi pengirim dan domisili asalnya. 

Melalui pembelajaran ini kata Menteri Nadiem, akan tercipta ruang jumpa yang dinamis antara mahasiswa, dosen, dan perguruan tinggi melalui kegiatan akademik dan nonakademik tentang keberagaman budaya wilayah setempat. Ruang jumpa ini merupakan salah satu ciri khas PMM 2. 

"Saya yakin adik-adik mahasiswa yang ikut program adalah para pelajar Pancasila, para calon pemimpin yang akan mendorong pemulihan dari pandemi lalu membawa Indonesia melompat ke masa depan,” imbuhnya. 

Pentingnya belajar di luar kampus ditekankan Mendikbudristek sebagai suatu hak bagi mahasiswa. Oleh karena itu, dia meminta pimpinan perguruan tinggi untuk memfasilitasi mahasiswanya mengikuti program-program MBKM termasuk PMM 2, agar mahasiswa Indonesia mendapatkan pengetahuan yang relevan yang akan mempersiapkan mereka menjadi pemimpin masa depan.

Mas Nadiem Makarim mengajak para mahasiswa ikut mendaftar dalam program baru Kemendibudristek.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close