Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Masalah Sungai Cilamaya Ditarget Selesai Dua Tahun

Minggu, 24 November 2019 – 07:18 WIB
Masalah Sungai Cilamaya Ditarget Selesai Dua Tahun - JPNN.COM
Anggota DPR Dedi Mulyadi saat menelusuri aliran Sungai Cilamaya. Foto: Ali Khumaini/Antara

jpnn.com, PURWAKARTA - Masalah pencemaran limbah industri di Daerah Aliran Sungai (DAS) Cilamaya ditarget bisa selesai dalam dua tahun.

"Solusinya dengan IPAL (Intalasi Pengelolaan Air Limbah) Komunal yang dikelola secara swadaya oleh setiap perusahaan. Pengelolaan itu diawasi langsung oleh pihak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan," kata Wakil Ketua Komisi IV DPR Dedi Mulyadi di Purwakarta, Sabtu (23/11).

Ia mengatakan, pembuatan IPAL Komunal diperlukan berbentuk danau, sehingga perusahaan tidak perlu lagi membuang limbah ke sungai. Nantinya, limbah perusahaan tinggal dialirkan ke sambungan pipa yang bermuara di IPAL Komunal.

"Jadi tidak akan ada lagi pembuangan limbah dari pabrik ke sungai. Karena limbah pabriknya langsung dimasukkan ke pipa. Pipanya masuk ke IPAL komunal," kata dia.

Ketua DPD Golkar Jabar ini menegaskan komitmennya untuk menngembalikan kebersihan aliran sungai. Bahkan Dedi telah menggagas program Karawang, Purwakarta dan Bekasi Bersih (Sekapursirih).

"Salah satu fokus dari program tersebut ialah membersihkan, mengembalikan dan menjaga fungsi aliran sungai yang kotor bahkan tercemar limbah menjadi bersih," ujarnya. (antara/jpnn)

Wakil Ketua Komisi IV DPR Dedi Mulyadi menargetkan permasalahan di Sungai Cilamaya ditarget bisa selesai dalam dua tahun.

Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close