Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Massa Desak Pembebasan Tahanan Politik Palestina

Senin, 18 April 2011 – 23:16 WIB
Massa Desak Pembebasan Tahanan Politik Palestina - JPNN.COM
GAZA CITY - Unjuk rasa berlangsung di wilayah Palestina dan berbagai belahan dunia lain kemarin (17/4). Aksi tersebut bertepatan dengan peringatan Hari Tawanan Palestina (Palestinian Prisoners Day). Demo itu mendesak agar Israel membebaskan semua tahanan politik asal Palestina, khususnya anak-anak.

Kelompok Ireland Palestine Solidarity Campaign (IPSC), misalnya, mengorganisasi demo di monumen The Spire, kawasan O"Connell Street, Dublin. Aksi serupa berlangsung di beberapa negara.

Di Gaza City, Palestina, puluhan orang turun ke jalan. Sebagian di antaranya melakukan aksi teatrikal di depan markas Palang Merah untuk menyindir dan mendesak pembebasan para tahanan politik Palestina.

Menurut Addameer (LSM yang memperjuangkan hak para tahanan Palestina), saat ini terdapat lebih dari 5.770 warga Palestina yang ditahan Israel karena menentang penindasan dan pendudukan negeri zionis tersebut. Dari jumlah itu, 216 di antaranya anak-anak. Bahkan, 45 anak berusia di bawah 16 tahun ditahan di penjara Israel. Israel juga menahan 37 perempuan, 12 wakil parlemen Palestina, dan lebih dari 200 tahanan administratif asal Palestina.

loading...