Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Masyarakat Sipil Harus Kawal Proses Politik yang Sehat di Pilkada 2024

Selasa, 01 Oktober 2024 – 17:16 WIB
Masyarakat Sipil Harus Kawal Proses Politik yang Sehat di Pilkada 2024 - JPNN.COM
Focus group discussion bertema "Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) dalam mewujudkan iklim politik yang harmonis menjelang pilkada serentak 2024" di kawasan Mampang Prapatan, Selasa (1/10). Foto: supplied

jpnn.com, JAKARTA - Peran Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) menjadi sorotan penting dalam menjaga iklim politik yang harmonis menjelang Pilkada serentak 2024.

“Peran OMS sangat penting sebagai organisasi masyarakat sipil yang ada di akar rumput (grassroots). Dalam beberapa tahun terakhir, ruang kebebasan sipil semakin mengecil. Oleh karena itu, diperlukan konsolidasi yang baik di antara masyarakat sipil untuk menjaga ketertiban dan keharmonisan selama Pilkada 2024,” ujar Direktur Hukum dan HAM LP3S Hadi R Purnama ditemui dalam acara focus group discussion bertema "Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) dalam mewujudkan iklim politik yang harmonis menjelang pilkada serentak 2024" di kawasan Mampang Prapatan, Selasa (1/10).

Dia mengakui bahwa dalam konteks politik, konflik atau ketegangan tidak bisa dihindari. Namun, menurutnya, OMS memiliki peran kunci dalam menjaga stabilitas tersebut.

"Kita tahu pasti ada letupan-letupan, namanya juga politik. Maka dari itu, bagaimana kita menjaga agar Pilkada ini berjalan lancar dan damai sangat penting," tambahnya.

Selain pendidikan politik dan sosialisasi, Hadi menekankan bahwa pemantauan oleh OMS menjadi hal yang sangat penting.

"Pemantauan ini tidak hanya terkait dengan proses penghitungan suara, tetapi dalam konteks keseluruhan proses Pilkada," ungkapnya.

Menurut Hadi, OMS perlu belajar dari pemilu-pemilu sebelumnya untuk mengantisipasi potensi permasalahan yang mungkin muncul selama Pilkada.

Hadi juga menyoroti pentingnya menjaga keharmonisan politik di tengah persaingan yang keras.

Menjelang Pilkada 2024, peran Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) menjadi sorotan penting dalam menjaga iklim politik yang harmonis.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA