Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Masyarakat Sukabumi Diimbau Mewaspadai Potensi Gempa Susulan

Senin, 01 Januari 2024 – 04:05 WIB
Masyarakat Sukabumi Diimbau Mewaspadai Potensi Gempa Susulan - JPNN.COM
BMKG imbau masyarakat Sukabumi waspadai potensi gempa susulan. Ilustrasi Foto: Sultan Amanda Syahidatullah/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Gempa bumi sempat mengguncang Sukabumi, Jawa Barat, menjelang Tahun Baru 2024.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat Sukabumi untuk mewaspadai potensi gempa susulan.

"Rekomendasinya adalah masyarakat diimbau tetap tenang, tetapi, waspada karena gempa susulan masih mungkin akan terjadi," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono dalam keterangan tertulis, Minggu malam.

Daryono meminta masyarakat mewaspadai gempa susulan yang berpotensi menimbulkan kerusakan pada bangunan dan diimbau untuk tidak menempati bangunan yang secara struktur sudah rusak.

Warga boleh kembali ke rumah masing-masing asalkan bangunan tersebut masih masih utuh dan tidak mengalami gangguan struktur, tetapi harus tetap waspada.

Masyarakat juga diminta waspada dengan kawasan perbukitan dengan tebing curam, karena gempa susulan signifikan dapat memicu longsoran dan runtuhan batu.

"Masyarakat diminta tidak percaya berita bohong atau hoaks mengenai prediksi gempa yang lebih besar, pastikan informasi gempa berasal dari BMKG," ujarnya.

BMKG mencatat sebanyak tiga kali gempa bumi dangkal terjadi di wilayah Kabupaten Sumedang, Jawa Barat menjelang Tahun Baru 2024.

Menjelang Tahun Baru 2024, wilayah Sukabumi, Jawa Barat, sempat diguncang gempa bumi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close