Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Masyarakat Yumame Papua Barat Usir Virus Corona dengan Cara Ini

Jumat, 27 Maret 2020 – 10:25 WIB
Masyarakat Yumame Papua Barat Usir Virus Corona dengan Cara Ini - JPNN.COM
Bupati Maybrat Bernard Sagrim saat mengikuti prosesi adat Tah Was. Foto: Antara/Ernes Kakisin

jpnn.com, MAYBRAT - Masyarakat Kampung Yumame, Distrik Aitinyo, Kabupaten Maybrat, Papua Barat, menggelar ritual adat Tah Was.

Ritual ini diyakini bisa mengusir segala jenis penyakit, termasuk virus Corona atau COVID-19.

Pelaksanaan ritual adat itu merupakan bagian dari acara deklarasi pemerintah daerah dalam melawan COVID-19 di Kantor Kampung Yumame, Kamis (26/3), yang dipimpin langsung oleh Bupati Maybrat Bernard Sagrim serta dihadiri oleh Tim Satgas Penanganan COVID-19, pegawai pemerintah, dan warga.

??????Ritual adat Tah Was dilakukan oleh Markus Bortall, tetua adat setempat. Markus mengatakan bahwa ritual Tah Was biasa dilakukan oleh orang tua Maybrat pada masa dulu guna mengobati berbagai penyakit.

"Ritual adat ini dilakukan didasari pada keyakinan bahwa alam bisa mengusir segala penyakit," katanya.

Setelah ritual adat selesai dilaksanakan, Bupati Bernard Sagrim bersama Ketua DPRD Maybrat Fernando Solossa serta pejabat lainnya menyampaikan penyuluhan mengenai upaya pencegahan penularan COVID-19 kepada warga, utamanya yang tinggal di daerah perbatasan seperti Kampung Konja, Aiwasi, Yumame, Welek, dan Athabu.

Bupati Bernard Sagrim mengatakan, pemerintah berupaya mencegah penyebaran virus corona dengan membatasi akses keluar masuk wilayah Kabupaten Maybrat selama 14 hari ke depan.

Dia juga mengimbau seluruh pegawai negeri dan warga Kabupaten Maybrat untuk sementara waktu tidak melakukan perjalanan ke luar daerah.

Masyarakat Kampung Yumame menggelar ritual adat Tah Was yang diyakini bisa mengusir virus Corona atau COVID-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close