Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mataram Butuh Tower Pantau Tsunami

Selasa, 30 Oktober 2012 – 10:15 WIB
Mataram Butuh Tower Pantau Tsunami - JPNN.COM
MATARAM-Tower yang terpasang di Kantor Lurah Ampenan Selatan, ternyata belum cukup untuk mendeteksi tsunami lebih dini. Agar lebih maksimal, Kota Mataram masih butuh dua tower lagi. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Mataram sudah mengusulkan penambahannya ke pusat. ‘’Idealnya Kota Mataram memiliki tiga tower,’’ kata Sekretaris BPBD Kota Mataram, HM Kemal.

Rencananya, dua tower tambahan akan ditempatkan di Pura Segara dan Loang Baloq. Pengadaan dua tower tersebut merupakan program 2013 mendatang. ‘’Satu unit tower mampu memancarkan sirine hingga sejauh dua  kilometer. Kalau hanya ada satu, tidak cukup untuk wilayah Kota Mataram,’’ jelasnya.

Masalah listrik kini menjadi problem yang dihadapi BPBD Kota Mataram. Pasalnya, hingga kini, tower yang sudah ada belum terpasang listrik secara lengkap. ‘’Masalah listrik ini akan dibicarakan lagi. Sebab, tower ini membutuhkan listrik sekitar 2.200 watt,’’ katanya.

Selain membutuhkan listrik, sumber daya manusia sebagai operator juga dibutuhkan. Namun Kemal mengatakan, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pusat akan menugaskan stafnya sebagai operator tower tersebut. ‘’Walaupun alat ini canggih, tapi tetap akan membutuhkan operator. Nanti operatornya didatangkan dari BMKG Pusat yang selalu standby,’’ ujarnya.

MATARAM-Tower yang terpasang di Kantor Lurah Ampenan Selatan, ternyata belum cukup untuk mendeteksi tsunami lebih dini. Agar lebih maksimal, Kota

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close