Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mataram Tuan Rumah Festival Keraton

Minggu, 04 November 2012 – 08:36 WIB
Mataram Tuan Rumah Festival Keraton - JPNN.COM
MATARAM--Event berskala internasional kembali akan digelar di Kota Mataram. Kali ini, Forum Silaturahmi Keraton Nusantara (FSKN) akan menggelar Festival Keraton dan Adat Asia Tenggara II. Rencananya event ini akan dihelat Agustus 2013 mendatang. Festival ini nantinya akan mengundang kerajaan-kerajaan yang ada di Asia Tenggara.

Menurut Ketua Panitia Festival Lalu Satria Wangsa, event tersebut digelar sebagai upaya menata kembali semangat kenusantaraan. "Kita ingin mengembalikan spirit Indonesia, sama seperti spirit Kitab Negarakertama yang dicontoh oleh pemerintah Indonesia. Itu yang ingin kita contohkan sekarang," jelas Satria.

Terpilihnya Kota Mataram menjadi tuan rumah bukan tanpa sebab. Satria menjelaskan, Kota Mataram memiliki keterkaitan sejarah dengan Kitab Negarakertama karangan Mpu Prapanca. "Kota Mataram lekat dengan sejarah Kitab Negarakertama. Karena zaman dulu, kitab ini ditemukan di Kota Mataram," sambungnya.

Selain keterkaitan sejarah, pemilihan Kota Mataram sebagai tuan rumah juga didasari spirit berbudaya dan pariwisata. Satria menilai, saat ini, Kota Mataram sedang giat mengembangkan budaya dan pariwisata. "Karena Kota Mataram juga sebagai etalase dari Provinsi NTB," lanjutnya.

MATARAM--Event berskala internasional kembali akan digelar di Kota Mataram. Kali ini, Forum Silaturahmi Keraton Nusantara (FSKN) akan menggelar Festival

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close