Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mau Bertugas di Poso, Dokter Dijanjikan Insentif Rp 3 juta per Bulan

Kamis, 07 Maret 2013 – 03:02 WIB
Mau Bertugas di Poso, Dokter Dijanjikan Insentif Rp 3 juta per Bulan - JPNN.COM
POSO - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Poso, Sulawesi Tengahsetempat saat ini tengah berjuang untuk mendatangkan tenaga dokter. Perjuangan dilakukan tak lepas dari masih timpangnya antara jumlah dokter yang sudah ada dengan dokter yang dibutuhkan.

Kepala Dinkes Poso dr Asnah Awad MARS mengatakan kebutuhan tenaga dokter di Poso masih sangat banyak. Khususnya untuk kebutuhan dokter di Puskesmas-Puskesmas. Tercatat, dari 21 Puskesmas di Poso baru empat Puskesmas yang terpenuhi kebutuhan ideal dokternya. Yaitu Puskesmas Lawanga, Puskesmas Kawua, Puskesmas Kayamanya, dan Puskesmas Mapane.

Kebutuhan dokter ideal  Puskesmas adalah 1 Puskesmas memiliki 2 dokter umum dan 1 dokter gigi. Sementara di antara Puskesmas lainnya baru memiliki masing-masing satu orang dokter. Bahkan tiga Puskesmas yakni Puskesmas Gintu, Puskesmas Lengkeka, Puskesmas Lore Peore belum memiliki dokter sama sekali. "Permintaan tenaga dokter ini yang sedang saya perjuangkan di Kementerian Kesehatan RI di Jakarta. Insya Allah tahun ini kita akan mendapatkan hasil yang baik, meski belum sepenuhnya terpenuhi idealnya," terang Asnah.

Jika ditilik dari jumlah Puskesmas yang ada, maka seharusnya Poso memiliki 63 dokter. "Kebutuhan dokter akan terpenuhi secara bertahap," tukasnya.

POSO - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Poso, Sulawesi Tengahsetempat saat ini tengah berjuang untuk mendatangkan tenaga dokter. Perjuangan dilakukan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA