Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mbak Puan Maharani Ingatkan Pemerintah Hati-Hati Longgarkan PSBB

Senin, 11 Mei 2020 – 16:25 WIB
Mbak Puan Maharani Ingatkan Pemerintah Hati-Hati Longgarkan PSBB - JPNN.COM
Puan Maharani. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani mengingatkan pemerintah, untuk hati-hati melonggarkan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) pada masa pandemi Covid-19.

“Sama seperti ketika pemerintah menerapkan prinsip keberhatian sebelum memutuskan sebuah daerah diizinkan menjalankan PSBB, maka prinsip yang sama perlu diterapkan sebelum memutuskan untuk melonggarkan PSBB di sebuah daerah,” kata Puan, Senin (11/5).

Puan mengatakan keputusan dilakukan atau tidaknya relaksasi PSBB harus dibuat berdasar data yang lengkap, dan dianalisis secara cermat guna menghindari terjadinya peningkatan kasus infeksi baru.

Oleh karena itu, pemerintah perlu melakukan simulasi relaksasi untuk melihat dampak yang ditimbulkannya.

“Ini bukan tentang memilih antara roda ekonomi atau roda kesehatan, melainkan mencari keseimbangan bagaimana kedua roda itu tetap bergerak seiringan di tengah pandemi Covid-19,” paparnya.

Puan mengatakan apa pun kebijakan yang nantinya diputuskan harus disosialisasikan secara utuh disertai pelaksanaan yang terkoordinasi, sehingga tidak akan muncul kebingungan-kebingungan di masyarakat.

Selain itu, tambah Puan, perlu adanya kedisiplinan, solidaritas, empati dan konsisten dalam menanggulangi pandemi Covid-19.
“Hal ini dikarenakan penyelesaian pandemi ini merupakan tugas bersama dan butuh gotong royong bersama untuk menyelesaikannya," ungkapnya.

Politikus PDI Perjuangan itu mengingatkan salah satu yang penting diperhatikan dalam melonggarkan PSBB ialah angka perkembangan pasien positif corona yang masih fluktuatif sebagaimana data harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Ketua DPR Puan Maharani mengingatkan pemerintah, untuk hati-hati melonggarkan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) pada masa pandemi Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close