Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mbak Puan Temui Para TKI Careworker di Jepang, Ini Pesannya

Jumat, 13 April 2018 – 22:33 WIB
Mbak Puan Temui Para TKI Careworker di Jepang, Ini Pesannya - JPNN.COM
Menko PMK Puan Maharani (kiri) saat bertemu para TKI yang bekerja sebagai careworker di Tokyo, Jepang, Jumat (13/4). Foto: Kemenko PMK

jpnn.com, TOKYO - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani menemui para tenaga kerja Indonesia (TKI) di Minato-ward Special Nursing Home for the Elderly Shirokaneno Mori, di Tokyo, Jepang, Jumat (13/4). Di panti bagi para lansia itu banyak TKI yang berkerja sebagai careworker.

Puan dalam kesempatan itu berpesan kepada para careworker asal tanah air agar bekerja secara profesional. Menurutnya, profesionalitas para TKI dalam bekerja juga demi menjaga nama baik Indonesia.

"Pesan saya pada careworker Indonesia, tetap jaga kebersamaan dan nama baik Indonesia. Tunjukkan bahwa careworker Indonesia mampu bekerja profesional," ujar Puan sebagaimana dikutip dari siaran pers Kemenko PMK.

Puan juga mewanti-wanti para TKI bekerja secara legal. Hal itu juga demi perlindungan selama bekerja di mancanegara.

Pemerintah mencatat sejak 2008-2017 terdapat 2.115 warga negara Indonesia (WNI) yang bekerja sebagai careworker di Jepang. Sedangkan tahun ini ada 328 WNI yang sedang dalam proses untuk penempatan kerja.

Puan dalam kunjungannya juga berdialog dengan 28 calon careworker asal Indonesia. Menteri koordinator PMK pertama dalam sejarah RI itu menuturkan, pemerintah akan membekali para calon careworker dengan keterampilan berbahasa asing.

Menurutnya, upaya itu untuk mewujudkan profesionalitas sekaligus kemandirian. "Pemerintah akan memperkuat program pelatihan di dalam negeri sebelum careworker dikirim mengikuti tes di Jepang agar kelulusan calon careworker Indonesia tinggi,” ujarnya.

Saat ini careworker asal Indonesia di Jepang memperoleh gaji JPY 100 ribu atau sesuai upah minimum di Negeri Sakura itu. Selain itu, mereka juga memperoleh fasilitas penginapan, pelatihan, hak cuti, hingga uang saku selama pelatihan.

Menko PMK Puan Maharani berpesan kepada para TKI di Jepang yang bekerja sebagai careworker agar bekerja secara profesional dan menjaga nama baik Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close