Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mbak Rerie Minta Permasalahan Pungli dan Sampah Menumpuk di Lokasi Wisata Harus segera Diatasi

Selasa, 23 April 2024 – 23:55 WIB
Mbak Rerie Minta Permasalahan Pungli dan Sampah Menumpuk di Lokasi Wisata Harus segera Diatasi - JPNN.COM
Wakil Ketua MPR, Lestari Moerdijat. Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) Lestari Moerdijat mengingatkan supaya sejumlah permasalahan yang dihadapi sektor pariwisata selama masa libur Lebaran 2024, yakni pungutan liar dan penumpukan sampah, harus segera diatasi.

Perempuan yang akrab disapa Rerie itu mengatakan bahwa maraknya masalah pungli maupun tumpukan sampah, itu akan mengganggu para wisatawan dalam menikmati berbagai objek wisata di Indonesia.

"Sejumlah permasalahan pungli dan tumpukan sampah yang mengemuka di kawasan pariwisata pada masa libur Lebaran harus menjadi perhatian bersama dan dijawab dengan langkah segera," kata Rerie dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa (23/4).

Oleh karena itu, lanjut Rerie, pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah secara bersama-sama harus memberikan perhatian pada permasalahan tersebut.

Rerie menyebutkan permasalahan pungli dan tumpukan sampah karena para wisatawan membuang sampah sembarangan sepanjang libur Lebaran 2024 berasal dari catatan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) tentang sejumlah masalah di berbagai lokasi wisata di tanah air.

Pada momen libur Lebaran 2024, Kemenparekraf memprediksi terdapat sebanyak 193,6 juta pergerakan wisatawan nusantara.

Angka tersebut melonjak signifikan sebesar 56,38 persen jika dibandingkan potensi pergerakan wisatawan pada Lebaran 2023 yang tercatat sekitar 123,8 juta orang.

Selain itu, kata Rerie, kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan di kawasan wisata pun harus konsisten dibangun melalui berbagai cara.

Menurut dia, upaya membangun kesadaran masyarakat dan pengelola kawasan wisata untuk menciptakan kawasan wisata yang nyaman dan aman bagi wisatawan dan lingkungannya tersebut pun, harus menjadi prioritas bersama.

Maka dari itu, Rerie berharap para pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah dapat segera mewujudkan pembangunan sektor pariwisata yang berkelanjutan, sehingga mampu menjadi salah sektor yang menopang perekonomian nasional. (antara/jpnn)

Lestari Moerdijat atau Rerie menegaskan permasalahan pungli dan sampah yang menumpuk di lokasi wisata harus segera diatasi.

Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close