Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mbak Rerie: Nilai Perjuangan Ratu Kalinyamat Sangat Relevan untuk Jawab Tantangan Ini

Senin, 10 Juli 2023 – 16:14 WIB
Mbak Rerie: Nilai Perjuangan Ratu Kalinyamat Sangat Relevan untuk Jawab Tantangan Ini - JPNN.COM
Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat mengatakan nilai perjuangan Ratu Kalinyamat sangat relevan untuk menjawa sejumlah tantangan yang dihadapi. Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat mengatakan nilai perjuangan Ratu Kalinyamat sangat relevan untuk menjawa sejumlah tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini.

Oleh karena itu, ratu dari Jepara tersebut dinilai layak dianugerahi sebagai Pahlawan Nasional.

"Setelah tahun lalu secara teknis telah memenuhi persyaratan untuk diajukan menjadi Pahlawan Nasional, pada pengajuan tahun ini saya kira Ratu Kalinyamat layak secara definitif mendapatkan gelar Pahlawan Nasional," kata Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Senin (10/7).

Tahun ini, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah merekomendasikan kembali Ratu Kalinyamat ke Pemerintah pusat melalui Surat Gubernur bernomor 464/0005349, tertanggal 30 Maret 2023 untuk mendapat gelar Pahlawan Nasional.

Upaya pengajuan kembali Ratu Kalinyamat itu merupakan tindak lanjut atas saran dari Kementerian Sosial kepada Gubernur Jawa Tengah melalui surat No. 57.4/5/PB.06.02/1/2023 tertanggal 31 Januari 2023.

Pada surat tersebut disampaikan bahwa proses pembahasan Tim Peneliti, Pengkaji Gelar Pusat (TP2GP) bisa dilakukan beberapa kali sampai dengan keputusan final.

Karena itu, usulan Calon Pahlawan Nasional atas nama Ratu Kalinyamat dapat diajukan kembali.

Pada Seminar Nasional bertema Dharma Samudera Pejuang Wanita, Negara Poros Maritim Dunia yang digelar Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) pada 17 Januari 2023, juga terungkap bahwa pada pengajuan tahun lalu, Ratu Kalinyamat sejatinya sudah memenuhi persyaratan sebagai Pahlawan Nasional.

Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat mengatakan nilai perjuangan Ratu Kalinyamat sangat relevan untuk menjawa sejumlah tantangan yang dihadapi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close