Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mega dan SBY Bersaing dalam Penegakan Pancasila

Minggu, 14 Agustus 2011 – 17:52 WIB
Mega dan SBY Bersaing dalam Penegakan Pancasila - JPNN.COM
JAKARTA - Presiden Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berada di urutan teratas dari hasil survei Setara Institute For Democracy and Peace mengenai bagaimana pandangan masyarakat tentang tokoh bangsa yang konsisten memperjuangkan Pancasila sebagai ideologi negara.

"Dari pandangan masyarakat tentang tokoh-tokoh di era reformasi yang dipandang konsisten memperjuangkan Pancasila sebagai ideologi negara, (responden survei) yang menjawab Megawati sebanyak 22 persen. Sementara yang memilih Presiden SBY sebanyak 20,9 persen," kata Wakil Ketua Setara Institute, Bonar Tigor Naipospos, saat memberikan keterangan pers hasil survei di Hotel Atlet Century, Jakarta, Minggu (14/8).

Sebagaimana dijelaskan, survei itu sendiri dilakukan di 10 provinsi, yaitu Jakarta, Jawa Barat, DIY, Jawa Timur, NTB, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Tenggara, Sumatera Selatan, dan Sumatera Barat. Survei ini mengusung pertanyaan mengenai Hari Ulang Tahun (HUT) ke-66 Republik Indonesia mengenai kebangsaan dan evaluasi pemerintahan RI.

Menurut Bonar lagi, perbedaan yang tipis antara kedua tokoh ini menunjukkan bahwa publik memandang ada sikap kegigihan keduanya dalam memperjuangkan Pancasila. Sementara secara berurutan, tokoh nasional lainnya yang juga dianggap berjasa dalam memperjuangkan Pancasila adalah Presiden RI ketiga BJ Habibie (dengan pemilih sebanyak 6,3 persen), juga mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (5,1 persen). "Nama Mahfud MD juga ada, tapi berada di bawah posisi Jusuf Kalla yaitu 3,3 persen," tambah Bonar.

JAKARTA - Presiden Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berada di urutan teratas dari hasil survei Setara Institute For Democracy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close