Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Megawati Bertemu eks Presiden Filipina, Bahas Isu Penghapusan Hukuman Mati

Jumat, 15 September 2023 – 18:38 WIB
Megawati Bertemu eks Presiden Filipina, Bahas Isu Penghapusan Hukuman Mati - JPNN.COM
Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri menerima kunjungan eks Presiden Filipina Gloria Macapagal Arroyo di kediaman Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (15/9). Foto: Tim Dokumentasi Megawati

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri membahas isu penghapusan hukuman mati dengan eks Presiden Filipina Gloria Macapagal Arroyo.

Pembahasan itu dilakukan di kediaman Megawati di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (15/9).

Megawati menyampaikan Indonesia dengan Pancasila sangat menghargai hak hidup manusia. Pancasila juga terbuka dengan ide-ide yang menjunjung tinggi hak hidup tersebut.

Meski demikian, lanjut Megawati, harus dipahami juga dalam kondisi nyata, ada beberapa tindak kejahatan yang sangat bertentangan dengan hak asasi manusia.

"Di lapangan hal itu masih perlu dipertimbangkan, karena ada kasus seperti narkotika lalu human trafficking, belum juga yang sekarang banyak terjadi masalah sosial, umpama bapak membunuh istri dan anak. Menurut saya, kasus-kasus tersebut perlu pertimbangan yang lebih," kata Megawati.

Megawati ingin ada hukuman yang serius terhadap kejahatan luar biasa pada kemanusiaan. Menurut Megawati, aturan perundang-undangan di sebuah negara menyangkut kejahatan luar biasa itu harus juga dipertimbangkan terkait usulan penghapusan hukuman mati.

"Iya, di lapangan (harus dipertimbangkan). Karena berbeda dalam perundang-undangan," tandasnya.

Di sisi lain, Megawati mengatakan dirinya kenal baik dengan Gloria. Keduanya memimpin negeri di kurun waktu sama yakni di awal 200-an, Megawati di Indonesia dan Gloria di Filipina.

Megawati menyampaikan Indonesia dengan Pancasila sangat menghargai hak hidup manusia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close